Ketahui Bentuk dan Sejarah Sumpit dari Tiga Negara ini

- 11 September 2020, 09:08 WIB
Ilustrasi sumpit/ digitalphotolinds/ Pixabay
Ilustrasi sumpit/ digitalphotolinds/ Pixabay /

INDOBALINEWS – Anda pasti tahu sumpit, sumpit adalah alat untuk makan yang digunakan oleh tiga negara seperti Jepang, China, dan Korea.

Alat yang diperkirakan berusia lebih dari 5.000 tahun ini ternyata tidak hanya berfungsi untuk makan, sumpit biasanya juga digunakan untuk memasak.

Baca Juga: Biasa Digunakan sebagai Parfum, Plumeria Rubra juga Memiliki Khasiat Baik untuk Tubuh

Meski diketahui berasal dari China, sumpit lalu mulai menyebar ke Jepang dan Korea pada 500 Masehi. Ketiga negara ini memiliki bentuk sumpti yang berbeda. Seperti yang dirangkum indobalinews.com. lalu apa yang membedakannya?

Jepang

Masyarakat Jepang memiliki banyak model sumpit untuk tujuan berbeda, termasuk untuk memasak, makan makanan tertentu, mengambil permen, dan selama pemakaman.

Baca Juga: Unik, Wanita ini Sulap Barang Bekas Jadi Fesyen Kelas Atas

Orang Jepang menggunakan beberapa bahan dalam pembuatan sumpit mereka. Kayu dan plastik termasuk bahan utama yang digunakan saat ini. Sumpit Jepang juga terbuat dari tulang, logam, dan terkadang gading yang biasanya disediakan untuk acara khusus.

Sumpit Jepang umumnya bulat di ujungnya dan lebih pendek dari model China. Sumpitnya juga lebih berwarna dan dirancang dengan banyak detail.

Halaman:

Editor: Gede Apgandhi Pranata


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x