Vaksin Covid-19 Sinovac Siap Diberi Label Halal, Telah Penuhi Aspek Produksi Obat Yang Baik

- 27 November 2020, 09:54 WIB
Ilustrasi Vaksin Sinovac.
Ilustrasi Vaksin Sinovac. /Polda Metro Jaya

INDOBALINEWS - Setelah melewati beberapa tahapan uji klinis dan juga aspek kehalalan serta mutu dan keamanan, vaksin Covid-19 buatan perusahaan asal China, Sinovac, dinilai telah memenuhi aspek cara produksi obat yang baik dan siap untuk mendapatkan label halal.

Aspek Kehalalan vaksin Covid-19 asal China tersebut telah diperiksa oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan sementara ini MUI Indonesia sedang dalam proses membahas soal fatwa vaksin Covid-19 dalam Musyawarah Nasional MUI yang digelar pada 25-27 November 2020. 

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito memberikan pernyataannya bahwa vaksin Covid-19 asal China Sinovac tersebut selain sudah uji klinis, juga sudah penuhi syarat untuk mendapat label halal.

"Alhamdulillah dari aspek mutu dari hasil yang didapatkan inspeksi BPOM, Biofarma dan Majelis Ulama Indonesia, aspek halalnya bisa dikatakan sudah memenuhi, sudah sesuai aspek obat yang baik," kata Penny dalam jumpa pers secara daring, pada Kamis 26 November 2020 di Jakarta.

Baca Juga: Murid Sekolah Dasar di Karangasem dan Bangli, Dapat Bantuan Handphone dari Pertiwi Indonesia Bali

Baca Juga: Cara Belajar Tajwid Al-Qur’an, Agar Tidak Salah Dalam Membacanya

Sementara ini, vaksin Covid-19 Sinovac sedang memasuki tahapan uji klinis fase III (ketiga) di Bandung. Dan perkembangannya terus dipantau oleh BPOM hingga tiga bulan ke depan, yang seluruh datanya akan dipadukan dengan data dari negara lain. 

Meskipun aspek keamanan, khasiat dan mutu vaksin sudah dikantongi, BPOM belum ambil kesimpulan untuk berikan Otorisasi Penggunaan Darurat (EUA) terhadap vaksin Covid-19 Sinovac ini. Masih perlu keseksamaan lebih lanjut untuk memberi EUA bagi Sinovac.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makan (BPOM) Penny K. Lukito.
Kepala Badan Pengawas Obat dan Makan (BPOM) Penny K. Lukito. instagram.com/@pennyklukito

Halaman:

Editor: Rudolf

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x