Gubernur Ganjar Pranowo Teladani Semangat Nasioanalisme Ulama Kharismatik KH Sya'roni Ahmadi

- 28 April 2021, 18:41 WIB
Ulama kharismatik asal Kudus, KH HM Sya'roni meninggal dunia, Selasa 27 April 2021 pagi hari ini. Ucapan duka cita terus bermunculan, salah satunya dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
Ulama kharismatik asal Kudus, KH HM Sya'roni meninggal dunia, Selasa 27 April 2021 pagi hari ini. Ucapan duka cita terus bermunculan, salah satunya dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. /Dok. Humas Pemprov Jateng/

INDOBALINEWS - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo merasakan kehilangan mendalam atas berpulangnya ulama kharismatik asal Kudus, KH HM Sya'roni meninggal dunia pada Selasa 27 April 2021 pagi.

"Innalillahiwainnailaihirajiun, kita doakan Bp KH Sya'roni Ahmadi Husnul Khatimah. Alfatihah. Beliau kapundut pada hari ini, Selasa 27 April jam 09.00 di RSI Sunan Kudus," tulis Ganjar.

Ucapan duka disampaikan Gubernur Ganjar melalui akun media sosialnya. Ganjar memberikan kabar tentang meninggalnya Pengasuh Majelis Tafsir Masjid Al Aqsa Menara Kudus ini.

Baca Juga: Gugur Ditembak KKB Papua, Kapolri Jenderal Sigit Beri Kenaikan Pangkat Bharada I Komang Wira Natha

Politikus PDIP ini mengaku cukup dekat dengan KH Sya'roni. Bahkan, dalam beberapa kesempatan, sering bertemu berbincang hangat dengan Mustasyar PBNU itu.

Kata Ganjar, setiap bertemu, KH Sya'roni memberikan pesan-pesan spiritual kepadanya.

"Beliau paling menekankan agar tetap menjaga dan merawat kekompakan, baik di pemerintahan maupun di masyarakat," kenangnya dilansir dari Humas Pemprov Jateng.

Baca Juga: Prajurit TNI Berikan Bimbel bagi Anak Anak Perbatasan Indonesia dan Papua Nugini

Yang menarik, dalam berdakwah, Sya'roni dikenal tokoh sangat unik. Sebut saja, menggunakan analogi sepakbola karena pada masa mudanya memang penggemar sepakbola.

Suatu ketika tokoh sepuh NU itu mendongeng kisah kehebatan tim sepakbola Brazil kala menjuarai Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat.

Nama-nama sebelas pemainnya, dari kiper, penyerangnya Romario dan Bebeto sampai pelatihnya Mario Zagallo, sangat fasih diucapkan.

Baca Juga: Ditangkap Densus 88, Tim Hukum Munarman Siapkan Langkah Pra Peradilan

"Kalau bahasa beliau, timnas Brazil saat itu individunya biasa tapu kekompakannya luar biasa, makanya menangan," Ganjar menandaskan.

Dikaitkan dengan konteks kehidupan kebangsaan, KH Sya'roni berpesan, jika Indonesia mampu menjaga kekompakan, persatuan, dan kesatuan maka tidak ada satu negara pun dapat mengalahkan.

Kekompakan adalah kunci keberhasilan. Persoalan lain gampang diatur, yang penting rakyat kompak, aman dan sejahtera.

Baca Juga: BP2MI : Diperkirakan Ada 4,2 Juta Pekerja Migran Indonesia Jadi Korban Penempatan Ilegal

"Tentu kita semua berduka dengan wafatnya beliau, dan mari kita doakan husnul khatimah," seru Ganjar.

Diketahui, sosok KH HM Sya'roni Ahmadi, ulama yang disegani di Kota Kretek itu. Bahkan, ketokohannya dikenal masyarakat hingga pejabat daerah sampai pusat yang kerap sowan ke kediaman untuk 'ngalap berkah".

Baca Juga: Kodim Lamongan Salat Gaib dan Yasinan untuk Awak Kapal Selam KRI Nanggala-402

Halaman:

Editor: R. Aulia

Sumber: Humas Pemprov Jateng


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x