Mantan Menteri BUMN Sugiharto Wafat, Fahri Hamzah Kenang sebagai Kakak dan Sahabat yang Bersahaja

- 15 Juli 2021, 17:23 WIB
Fahri Hamzah mengunggah potret ketika bertemu almarhum eks Menteri BUMN Sugiharto.
Fahri Hamzah mengunggah potret ketika bertemu almarhum eks Menteri BUMN Sugiharto. /Twitter.com/@Fahrihamzah/

INDOBALINEWS - Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Sugiharto wafat pada Kamis, 15 Juli 2021 dikenal sebagai sosok bersahaja dan sukses yang tumbuh dari bawah menjadi seorang profesional termahal.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Sugiharto yang menjabat Menteri BUMN 2004-2007 menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP).

Melansir dari Antara, Sugiharto lahir di Medan, Sumatra Utara, pada 29 April 1955.

Baca Juga: Korupsi Ekspor Benur, Mantan Menteri KKP Edhy Prabowo Dibui Lima Tahun

Almarhum merupakan menteri Negara BUMN di Kabinet Indonesia Bersatu, dari Oktober 2004 hingga Mei 2007. Sugiharto juga sempat menjabat sebagai direksi di PT Medco Energy Tbk (MEDC) dan Komisaris Utama Pertamina.

Sugiharto adalah lulusan Universitas Indonesia kemudian melanjutkan pendidikan di Sekolah Manajemen di Amsterdam, Belanda dan Universitas Gajah Mada.

Ucapan belasungkawa disampaikan mantan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah atas sosok yang dianggapnya sebagai kakak dan sahabat itu.

Baca Juga: Ketua KPK Firli Bahuri Tolak Vaksinasi Berbayar, Tata Kelolanya Memiliki Risiko

Fahri Hamzah lalu mengunggah potret ketika bertemu dengan almarhum Sugiharto beberapa bulan yang lalu.

Wakil Ketua Umum Partai Gelora mengutarakan beberapa momen saat dirinya bersama Sugiharto lewat unggahan di media sosial pribadinya.

“Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Kini giliran Sugiharto, mas dan sahabat yang bersahaja,” cuit Fahri Hamzah di akun Twitter-nya @Fahrihamzah, Kamis, 15 Juli 2021, dikutip Pikiran-Rakyat.com.

Baca Juga: 100 Eks Tentara Israel Desak Pemerintahnya Stop Lakukan Kekerasan terhadap Warga Palestina

“Beberapa bulan lalu saya ke kantornya, ketika pulang ia biasa antar saya sampai lift, tapi ia berhenti depan recepsionist dan bilang, ‘kita selfie dulu ri, jarang kita punya foto berdua’,” sambung Fahri Hamzah.

“Pandemi ini mulai mengambil orang-orang dekat kita. Sering orang-orang terbaik kita. Sugiharto yang pergi baru saja adalah orang terbaik,” cuit Fahri Hamzah melanjutkan.

“Seorang yang tumbuh dari bawah, ‘seorang mantan pemulung’ katanya dengan bangga. Lalu menjadi professional termahal dan Menteri Negara @KemenBUMN,” tulisnya menambahkan.

Baca Juga: Adam Deni Sodorkan Sejumlah Bukti Dugaan Pengancaman Dilakukan Jerinx SID

Fahri mengaku banyak kenangan bersama sosok Sugiharto sejak dirinya lulus dari universitas. Sosok Sugiharto sangat tertarik mendengar ceritanya soal pergerakan kampus.

Ri, Jumat di Medco ya, kita makan siang bareng’. Di sela makan itu dia ingin dengar isu politik. Itu terjadi sepanjang 2000-2004. Waktu itu ia CFO Medco Group,” cuit Fahri Hamzah dalam unggahan yang lain.

“Dan di tahun 2004 aku menjadi anggota @DPR_RI dan ia menjadi Menteri Negara @KemenBUMN,” tulis Fahri Hamzah.

Baca Juga: Terlanjur Kecewa dengan Sikap Jerinx, Adam Deni 'Keuekuh' Tidak Akan Cabut Laporan Polisi

“Kami bertemu di komisi yang sama sebagai mitra. Sebagai profesional mas Sugi sering tidak terlalu waspada politik. Sering naif. Aku menjadi teman diskusi dan mitra sekaligus. Sampai akhir,” unggahnya. *** (Dila Nashear/Pikiran-rakyat.com)

Disclaimer: Artikel ini telah ditayangkan sebelumnya di Pikiran-rakyat.com berjudul: "Eks Menteri BUMN Sugiharto Wafat, Fahri Hamzah Kenang Momen Bersama Almarhum"

Editor: R. Aulia

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x