Jumlah Testing dan Tracing Covid-19 Meningkat, tetapi Target di Daerah PPKM Level 4 Rendah

- 22 Juli 2021, 06:00 WIB
Petugas medis melakukan tes usap Covid-19. Kementerian Kesehatan menyebut jumlah testing dan tracing secara nasional, tetapi khusus capaian terhadap target di daerah PPKM level 4, masih rendah.
Petugas medis melakukan tes usap Covid-19. Kementerian Kesehatan menyebut jumlah testing dan tracing secara nasional, tetapi khusus capaian terhadap target di daerah PPKM level 4, masih rendah. /ANIS EFIZUDIN/ANTARA FOTO

INDOBALINEWS – Kementerian Kesehatan menyampaikan jumlah testing dan tracing secara nasional meningkat, tetapi khusus pencapaian terhadap target di daerah PPKM level 4, masih rendah.

Begitu juga angka positivity rate masih di atas 5% dan di beberapa provinsi angka positif ini terlihat peningkatan.

Hal tersebut menunjukkan adanya penularan luas di masyarakat dan perlunya penambahan testing untuk segera mengidentifikasi kasus yang sakit dengan populasi yang sehat sehingga bisa memutuskan penularan Covid-19.

Baca Juga: Indonesia Terima Tambahan 30 Juta Dosis Vaksin Covid-19 pada Akhir Agustus 2021

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan capaian testing tiga hari terakhir hanya lima kabupaten/kota yang mencapai target di atas 90 persen yakni Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Kota Surakarta, Kota Yogyakarta, dan Kabupaten Sumenep.

“Untuk kabupaten/kota PPKM level 4, testing perlu ditingkatkan terutama saat akhir pekan dan hari libur,” kata Nadia, dikutip dari Maritim.go.id, Kamis 22 Juli 2021.

Kata dia untuk memaksimalkan penemuan kasus serta menurunkan positivity rate, testing terhadap suspek dan kontak erat perlu terus ditingkatkan.

Sedangkan untuk dapat segera menurunkan laju penularan selain mengurangi mobilitas perlu diidentifikasi kontak erat dengan cepat.

Baca Juga: Dukung Percepatan Vaksinasi Covid-19, Kadin Datangkan 1,1 Juta Dosis Sinopharm

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Maritim.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x