Saudi Arabia Segera Buka Pintu Umroh bagi Jemaah Asal Indonesia

- 9 Oktober 2021, 18:39 WIB
Menlu Retno Marsudi sampaikan keterangan terkait proses evakuasi WNI dari Afghanistan.
Menlu Retno Marsudi sampaikan keterangan terkait proses evakuasi WNI dari Afghanistan. /Tangkapan layar YouTube/MoFA Indonesia

 

INDOBALINEWS – Kerajaan Saudi Arabia segera membuka pintu bagi jemaah umroh asal Indonesia. Pembukaan pintu untuk jemaah umroh ini disampaikan Kerajaan Saudi lewat nota diplomatik kedutaaannya di Jakarta, Jumat, 8 Oktober 2021.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi melalui press briefing di situs kemlu.go.id, Sabtu, 9 Oktober 2021 di Jakarta.

“Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umroh bagi jemaah umroh Indonesia,” kata Menlu Retno.

Baca Juga: BNPT Tegaskan Terorisme Musuh Agama dan Negara

Menurut Retno, komite khusus di Kerajaan Saudi Arabia sedang bekerja untuk meminimalisasi segala hambatan yang menghalangi kemungkinan tidak dapatnya jemaah Indonesia untuk beribadah umroh. 

Di dalam nota diplomatik tersebut, kata Retno, juga disebutkan bahwa kedua pihak dalam tahap akhir pembahasan mengenai pertukaran link teknis dengan Indonesia yang menjelaskan informasi pengunjung berkait vaksin dan akan memfasilitasi proses masuknya jemaah. 

Nota diplomatik, tambah Retno, juga menyebutkan mempertimbangkan untuk menetapkan masa periode karantina selama lima hari kepada jemaah umroh yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan. 

“Tentunya kabar baik ini akan kita tindak lanjuti dengan pembahasan secara lebih detil,” tambahnya.

Halaman:

Editor: Riyanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x