34 Narapidana Terorisme Berikrar Setia Kepada NKRI

- 9 November 2021, 12:08 WIB
Narapidana Terorime Berikrar Setia Kepada NKRI.
Narapidana Terorime Berikrar Setia Kepada NKRI. /antara

INDOBALINEWS - Sedikitnya 34 narapidana tindak pidana terorisme di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, menyatakan ikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Saya berjanji untuk setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan akan melindungi segenap Tanah Air Indonesia dari segala tindakan-tindakan aksi terorisme yang dapat memecah belah persatuan Indonesia,” kata narapidana tindak pidana terorisme Ahmad Fauzan Al Anshori, selaku pemandu ikrar setia NKRI yang disiarkan secara langsung di kanal YouTube Humas Ditjenpas, dan dipantau dari Jakarta, Selasa, 9 November 2021.

Dalam ikrarnya, warga binaan pemasyarakatan itu berikrar bahwa mereka akan melepaskan baiat terhadap amir mana pun, dan/atau melepaskan diri dari amir organisasi jihadis radikal lainnya.

Baca Juga: KPK Hibahkan Aset Rampasan Korupsi kepada Lima Instansi Ini

Baiat adalah mengucapkan sumpah setia kepada seorang pemimpin. Dalam hal ini, warga binaan pemasyarakatan melepaskan sumpah setia mereka terhadap pemimpin tindak pidana terorisme maupun organisasi berkait.

“Saya menyesali kesalahan yang telah saya lakukan dan tidak akan bergabung dengan amir kelompok teroris lainnya yang terlibat dan menyetujui aksi teror di mana pun di dunia ini,” tutur Ahmad Fauzan ketika melanjutkan ikrar setia NKRI.

Semua narapidana tindak pidana terorisme yang mengucapkan ikrar mengatakan bahwa pernyataan tersebut mereka sampaikan bukan, karena sedang dalam tekanan ataupun menerima paksaan dari pihak mana pun.

“Tetapi karena saya telah menyadari bahwa Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 tidak bertentangan dengan Islam dan pemahaman agama yang saya yakini,” katanya.

Baca Juga: Jaksa Harus Cermat Implementasikan Pedoman Jaksa Agung

Halaman:

Editor: Riyanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x