Yenny Wahid: Indonesia Hadapi Tantangan Berupa 'Fake News'

- 13 November 2021, 12:40 WIB
Putri Gus Dur, Yenny Wahid.
Putri Gus Dur, Yenny Wahid. /Instagram.com/@yennywahid/

INDOBALINEWS - Zannuba Ariffah Chafsoh akrab disapa Yenny Wahid mengatakan, Indonesia menghadapi tantangan berupa fake news atau hoaks yang mengarah kepada politik identitas, primordialisme, dan berujung ancaman pluralisme.

"Kita bangsa Indonesia sebenarnya sudah memiliki pelindung untuk itu, yaitu Pancasila," katanya dalam kuliah umum Fakultas Hukum, Universitas Pancasila, Jakarta bertema "Membumikan Pancasila dalam Konteks Wawasan Kebangsaan Indonesia di Tengah Dinamika Nasional dan Global" yang diselenggarakan Jumat 12 Novmber 2021, seperti disiarkan secara tertulis oleh Universitas Pancasila seperti dikutip ANTARA, Sabtu, 13 November 2021.

Jadi, katanya, ibarat di masa pandemi ini, Indonesia sudah memiliki masker sebagai pelindung dari virus-virus jahat yang dapat menyerang tubuh kita. Itulah Pancasila.

Baca Juga: Buka Hotline 081914150227, Jaksa Agung Instruksikan Jajarannya Berantas Mafia Tanah dan Pelabuhan

"Kita bangsa Indonesia sebenarnya sudah memiliki pelindung untuk itu, yaitu Pancasila," kata dia.

Dengan Pancasila, katanya, keragamannya, perbedaan antara satu dengan yang lain dapat dibingkai dalam kerangka negara Indonesia.

Yenny Wahid juga menyampaikan bahwa rasa toleransi perlu dikuatkan dengan berbasis komunitas, seperti yang sedang digagas Yenny Wahid bersama dengan Wahid Institute melalui program peace village.

Melalui program peace village ini, katanya, toleransi dapat direalisasikan, sekaligus dengan pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga: Garuda Hadirkan Penerbangan Bernuansa Kenegaraan Rute Jakarta-Bali

Halaman:

Editor: Riyanto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X