Tangani Penularan Omicron, Menkes: Pemerintah Jalankan Empat Strategi Ini

- 27 Desember 2021, 12:10 WIB
Menteri Kesehatan Gunadi Sadikin
Menteri Kesehatan Gunadi Sadikin /Dok Setpres

INDOBALINEWS – Pemerintah tidak tinggal diam untuk menekan sekecil mungkin penularan SARS-Cov-2 varian omicron di Indonesia.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan empat strategi pemerintah dalam menangani penularan omicron.

"Kami di Kemenkes konsisten melakukan empat strategi penanganan omicron. Pertama adalah protokol kesehatan 3M, kedua surveilans, ketiga vaksinasi, keempat terapeutik atau perawatan," katanya dikutip dari Antaranews, Senin 27 Desember 2021.

Baca Juga: Transaksi Tunai dan Nontunai Meningkat Menjelang Tahun Baru 2022 di Bali

Budi menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak dalam upaya mencegah penularan virus corona, termasuk virus varian omicron.

Selain itu seluruh masyarakat diingatkan untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi, aplikasi digital yang dikembangkan untuk mendukung pelacakan penularan Covid-19.

"Disiplinlah gunakan PeduliLindungi. Saya lihat banyak rakyat kita yang masuk restoran suka lupa pakai. Adalah kewajiban petugas untuk ingatkan, kenapa? Karena ini membantu kita untuk menyaring kalau misalnya ada orang yang berpotensi menular tapi tidak disiplin," katanya.

Ia juga mengajak masyarakat tidak melakukan perjalanan ke luar negeri kalau tidak ada keperluan mendesak karena penularan omicron bermula dari luar negeri.

Baca Juga: Persekongkolan Tender Proyek, KPPU Denda Kontraktor Rp2,5 Miliar

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x