318 Orang Terpapar Omicron sebagian Besar Telah Mendapatkan Vaksinasi Covid 19 Lengkap

- 9 Januari 2022, 10:23 WIB
Pemerintah mencatat 318 orang yang terkonfirmasi terpapar omicron kebanyakan telah menerima vaksinasi Covid-19 lengkap.
Pemerintah mencatat 318 orang yang terkonfirmasi terpapar omicron kebanyakan telah menerima vaksinasi Covid-19 lengkap. /freepik

INDOBALINEWS – Pemerintah mencatat 318 orang yang terkonfirmasi terpapar omicron kebanyakan telah menerima vaksinasi Covid-19 lengkap.

Mereka ada yang tidak merasakan gejala dan bergejala ringan yang artinya dengan vaksinasi dapat mengurangi tingkat keparahan akibat Covid-19.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmidzi mengatakan Kemenkes merekomendasikan perawatan berupa perubahan tatalaksana pada pasien asimtomatik dan gejala ringan, contoh penambahan obat molnupiravir dan paxlovid untuk gejala ringan.

Baca Juga: Qinghai China Diguncang Gempa Magnitudo 6,9

''Selain itu, perlu penyiapan isolasi terpusat di DKI Jakarta dan aktivasi program telemedicine untuk isolasi mandiri di DKI Jakarta. Pasien dengan komorbid dengan tingkat keparahan apa pun dirawat di rumah sakit,'' katanya akhir pekan di Jakarta.

Ia menambahkan upaya vaksinasi saja tidak cukup, harus dibarengi dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Hal ini penting dilakukan untuk menjamin seseorang aman dari tertular maupun menularkan Covid-19 kepada orang lain.

Penambahan 57 orang terkonfirmasi omicron terdiri dari 7 orang transmisi lokal dan 50 orang pelaku perjalanan luar negeri. Secara keseluruhan dari awal kasus Omicron pada Desember 2021 hingga Jumat (7/1/2022) kasus transmisi lokal berjumlah 23 orang dan kasus dari pelaku perjalanan luar negeri berjumlah 295 orang.

Baca Juga: Sampai Di Lumajang, Tim Walhi Bali dan ForBALI Ikut Distribusikan Bantuan ke Desa Penyintas

Secara kumulatif kasus paling banyak berasal dari Turki dan Arab Saudi. Kemudian kebanyakan kasus konfirmasi omicron adalah mereka yang sudah lengkap vaksinasi Covid-19.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Kemenkes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x