Tingkatkan Pelayanan Publik, Kemendagri Dorong ASN Percepat Transformasi Birokrasi

- 4 Maret 2022, 12:58 WIB
Rapat Internalisasi Nilai BerAKHLAK dalam Penguatan Kode Etik Pegawai di Lingkungan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), yang berlangsung secara luring dan daring di Kantor DKPP, Rabu 2 Maret 2022
Rapat Internalisasi Nilai BerAKHLAK dalam Penguatan Kode Etik Pegawai di Lingkungan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), yang berlangsung secara luring dan daring di Kantor DKPP, Rabu 2 Maret 2022 /Kemendagri.go.id

 

INDOBALINEWS - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengajak para Aparatur Sipil Negara (ASN) melakukan transformasi birokrasi menuju organisasi pelayanan publik yang efektif. Para ASN diharapkan dapat meniru keberhasilan implementasi birokrasi di beberapa negara maju dan berkembang, guna mewujudkan birokrasi berkelas dunia.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro pada Rapat Internalisasi Nilai BerAKHLAK dalam Penguatan Kode Etik Pegawai di Lingkungan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), yang berlangsung secara luring dan daring di Kantor DKPP.

“ASN harus mengambil contoh dari negara-negara yang berhasil menerapkan birokrasi yang andal seperti di Taiwan, Korea Selatan, hingga Singapura” ucap Suhajar Diantoro dikutip dari situs resmi Kementrian Dalam Negeri, Jumat 4 Maret 2022.

 

Baca Juga: Cek Fakta: Ramai Video TikTok Menarasikan Varian Omicron Sengaja Disebarkan

 

Menurut Suhajar, langkah-langkah tersebut sangat penting. Sebab, hal ini menjadi perhatian utama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin sebagaimana tercantum di dalam 5 Prioritas Kerja 2019-2024. Adapun 5 prioritas kerja tersebut yakni pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), pembangunan infrastruktur, simplifikasi regulasi, penyederhanaan birokrasi, serta transformasi ekonomi. Menurut Suhajar, langkah ASN dalam mentransformasikan birokrasi selaras dengan prioritas kerja pembangunan SDM dan penyederhanaan regulasi.

“Jadi dari 5 prioritas kerja Bapak Presiden 2019-2024 itu, dua terkait kita,” ungkap Suhajar.

Berkaitan dengan itu, dia mengajak para ASN untuk melakukan transformasi dalam melayani masyarakat secara efektif. Upaya ini dinilai bakal memacu terlaksananya rencana prioritas tersebut dengan baik. Pasalnya, pembangunan SDM berkaitan erat dengan kiprah para ASN. Sementara suksesnya upaya penyederhanaan birokrasi, bergantung pada transformasi yang dilakukan para ASN.

Halaman:

Editor: Yulius Ndakadjawal

Sumber: Kemendagri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x