Mobil Listrik Pertama Indonesia Diluncurkan, Presiden Jokowi: Momen Awal Transisi Energi

- 16 Maret 2022, 21:37 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) menandatangani mobil listrik Ioniq 5 di Pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, Rabu 16 Maret 2022.
Presiden Joko Widodo (kiri) menandatangani mobil listrik Ioniq 5 di Pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, Rabu 16 Maret 2022. /Biro Pers Setpres/Laily Rachev

INDOBALINEWS - Mobil listrik pertama yang dirakit di Indonesia, Hyundai IONIQ 5 yang diproduksi PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia resmi diluncurkan.

Presiden Jokowi meluncurkan mobil listrik tersebut sekaligus meresmikan Pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

“Hari ini, Hyundai akan meluncurkan mobil listrik Hyundai IONIQ 5. Mobil ini menjadi mobil listrik pertama yang dibuat di Indonesia, yang diproduksi untuk memenuhi pasar Indonesia maupun pasar ekspor,” kata Jokowi saat meluncurkan mobil listrik ini pada Rabu, 16 Maret 2022.

Baca Juga: 204 Stasiun TV Dunia, Siap Siarkan Event MotoGP di Sirkuit Mandalika Lombok

Menurut Jokowi peluncuran mobil listrik ini adalah momen yang ditunggu sebagai bagian dari upaya transisi energi yang dilakukan pemerintah.

“Ke depan kendaraan listrik harus menjadi moda transportasi utama kita, termasuk menjadi tumpuan untuk transportasi ramah lingkungan yang dikembangkan juga nantinya di Ibu Kota Negara Nusantara,” tuturnya.

Dia menyebut Indonesia memiliki sumber daya mineral yang sangat besar untuk mendukung pengembangan mobil listrik tersebut.

Oleh karena itu, Jokowi menekankan Indonesia harus menjadi pemain penting dalam rantai pasok global di industri mobil listrik.

Baca Juga: Liga 1 BRI: Persipura Jayapura Bangkit, Wajib Sapu Bersih Sisa Laga Kompetisi

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Setkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x