Mudik Lebaran 2022: BNPB Kerahkan Tim dan Relawan BPBD Siaga di Daerah Rawan Bencana

- 20 April 2022, 22:35 WIB
Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto
Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto /Humas BNPB

INDOBALINEWS - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiapkan sejumlah strategi mengantisipasi dampak bencana saat mudik Lebaran 2022.

Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto mengatakan untuk mengantisipasi lonjakan kasus seperti periode libur panjang sebelumnya dan mudik aman dari bencana, BNPB/Satgas Penanganan Covid-19 Nasional melakukan berbagai strategi, antara lain mengerahkan tim dan relawan serta BPBD setempat untuk bersiap siaga di daerah rawan bencana.

“BNPB mengerahkan tim relawan dan BPBD untuk bersiap siaga di wilayah-wilayah yang rawan bencana,” kata Suharyanto saat diskusi dengan Forum Pemimpin Redaksi Media melalui sambungan virtual di Nusa Dua, Bali, Rabu 20 April 2022.

Baca Juga: Kejati NTB Tahan Tiga Tersangka Kasus Proyek ICU RSUD Kabupaten Lombok Utara

Menurut Suharyanto BNPB telah mengeluarkan peta mudik aman bencana yang berisi lokasi-lokasi rawan bencana dan juga kontak BPBD terdekat yang dapat mempermudah masyarakat untuk mengetahui potensi bencana saat mudik.

“BNPB telah mengeluarkan peta mudik terkait bencana alam, sudah terpetakan daerah mana yang rawan banjir, longsor dan bencana lainnya. Peta ini dapat diakses di Inarisk BNPB,” lanjutnya.

Selain bencana alam, BNPB/Satgas Penangangan Covid-19 melakukan upaya pencegahan penyebaran virus SARS-CoV-2 di kalangan masyarakat dengan kembali melaksanakan pembagian masker di fasilitas publik.

Baca Juga: Tangani Pebalap MXGP, NTB Kirim Enam Dokter ke Finlandia

“Kami telah melakukan pembagian masker selama Ramadan 2022 sebagai penguatan protokol Kesehatan, langkah ini akan kami teruskan hingga masa mudik lebaran nanti, dengan menempatkan Satgas untuk mebagikan masker dan pengawasan protokol kesehatan di pos-pos pelayanan mudik, rest area dan tempat-tempat wisata,” ujarnya.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: BNPB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x