IGIS 2022: Pintu Masuk Membangun Reputasi Kuliner Indonesia Lewat Indikasi Geografis

- 15 Mei 2022, 15:42 WIB
Webinar Peluncuran Indonesia’s Geographical Indication Show (IGIS) 2022 pada Jumat 13 Mei 2022.
Webinar Peluncuran Indonesia’s Geographical Indication Show (IGIS) 2022 pada Jumat 13 Mei 2022. /Dok DJKI

INDOBALINEWS - Pakar kuliner William Wongso mengatakan Indonesia sudah sepatutnya memiliki sertifikasi atau label Indikasi Geografis (IG) untuk setiap produknya.

Ia mencontohkan Prancis yang setiap produknya telah memiliki label indikasi geografis, sehingga setiap daerah memiliki komoditas spesialnya yang dikenal banyak orang.

"Indikasi Geografis di Indonesia masih sangat besar dan diharapkan akan semakin bertambah jumlah Indikasi Geografis di tanah air yang terdaftar," ujar William Wongso dalam Webinar Peluncuran Indonesia’s Geographical Indication Show (IGIS) 2022 pada Jumat 13 Mei 2022.

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Konsumen, Aqua Japan Fokus pada Inovasi Peralatan Rumah Tangga

Dikatakannya juga melalui pendekatan jurnal kuliner, IGIS 2022 mengajak seluruh pihak; mulai dari pemilik modal, eksportir, potential buyer, asosiasi, komunitas, pencinta kuliner, praktisi kuliner, penggiat usaha, pemangku kebijakan, hingga masyarakat umum untuk lebih meningkatkan dukungan mereka.

Yaitu dengan mengeksplorasi keunikan yang menjadi ciri khas setiap Indikasi Geografis dalam bentuk video dokumenter, cooking show, resep olahan produk Indikasi Geografis, side talk show, dan webinar.

Webinar tersebut digelar oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DGPEN) Kementerian Perdagangan dan ARISE+ Indonesia, program Fasilitas Dukungan Perdagangan yang didanai oleh Uni Eropa.

Baca Juga: 2 WNA Jerman dan Denmark, Pembuat Onar dan Penista Agama di Bali, Dideportasi

Program kerja sama ini, menurut Direktur Merek dan Indikasi Geografis, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kurniaman Telaumbanua menjadi salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Indikasi Geografis.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x