Dikunjungi Mentri Lingkungan Hidup Belanda, Desa Adat Kedonganan Semangat Menuju Desa Terbersih Se-Badung

- 11 September 2022, 15:17 WIB
Menteri Vivianne diterima Supardi di Kedonganan
Menteri Vivianne diterima Supardi di Kedonganan /Supardi Asmoro Bangun

 

INDOBALINEWS  - Desa adat Kedonganan di kecamatan Kuta Kabupaten Badung Bali, ternyata terkenal tidak hanya karena keberadaan puluhan cafe seafood yang berjejer di bibir pantainya atau LPD nya saja, tapi juga penataan lingkungan desanya terutama tata kelola sampah yang bernama "Kedonganan Ngardi Resik".

Markas Pusat Penataan Lingkungan Desa Adat Kedonganan pada Selasa 30 Agustus 2022 mendapat kunjungan dari Mentri Lingkungan Hidup Belanda, Vivianne Heijnen yang  berlokasi di pantai timur desa Kedonganan, bersanding dengan kawasan taman hutan mangrove Ngurah Rai.

Kedatangan Menteri Vivianne didampingi duta besar negara Belanda untuk Indonesia, Lambert Grijns diterima langsung koordinator Kedonganan Ngardi Resik, Supardi Asmoro Bangun.

Baca Juga: LPD Kedonganan Keluarkan Dana Rp2 Miliar Untuk Bantuan Paket Sembako Warga

Dalam kunjungannya Mentri Vivianne mengatakan mengapresiasi desa adat Kedonganan yang sudah memulai usaha pemilahan sampah berbasis sumber, yakni dimulai dari rumah tangga.

Menurutnya kalo keberhasilan desa Kedonganan bisa diduplikasi ke desa-desa lain, Mentri Vivianne yakin, impian membuat Bali Bersih bisa segera terwujud.

"Saya mewakili pemerintah Belanda menyampaikan rasa bangga atas inisiatif desa Kedonganan memulai pemilahan di tingkat grassroot, di akar rumput. Memilah mulai dari rumah," ujarnya.

Sebagai bentuk simpati, Mentri Vivianne secara khusus minta nimbrung dan berbincang akrab dengan para pekerja kebersihan.

"Kalian semua adalah pahlawan lingkungan. Saya salut kepada anda semua," ujarnya.

Baca Juga: Sampah: Penanganan Hulu Hilir Seiring Perubahan Mental untuk Bumi yang Lebih Baik, Jangan Cuma Mimpi!

Secara khusus Mentri Vivianne mengajak berfoto hanya dengan para pekerja. Tak seorang lainpun boleh ikut. Tampak mentri Vivianne terbata-bata ketika diminta mengucapkan tagline bersama para bekerja: 'Kita Bangga Kedonganan Bersih 2022".

"Kalo dalam bahasa Inggris saya lancar, kalo bahasa Indonesia saya tahu sedikit. Banyak orang Indonesia di negeri Belanda, jadi kami merasa perlu belajar bahasa," ujarnya terkekeh.

Mentri Vivianne bersama pekerja kebersihan
Mentri Vivianne bersama pekerja kebersihan


Tak ada rasa canggung bergaul akrab dengan pekerja pemilah yang tiap hari bercengkerama dengan sampah. Kunjungan mentri Vivianne di Kedonganan tersebut dilakukan disela -sela acaranya mengikuti rangkaian kegiatan konferensi G20 yang puncak acaranya berlangsung 15 -16 November 2022. ***

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x