Jalan Tol Bali-Mandara Jadi Pilot Project Penggunaan PLTS

- 22 September 2022, 05:23 WIB
Panel surya jalan tol Bali-Mandara
Panel surya jalan tol Bali-Mandara /Dok. Jasamarga Bali Tol

 

INDOBALINEWS - Jalan Tol Bali-Mandara menjadi pilot project penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang hari Rabu, 21 September 2022 diresmikan Gubernur Bali I Wayan Koster.

Pasokan listrik yang didapatkan melalui PLTS tersebut akan menjadi sumber listrik yang ramah lingkungan. Penggunaan diantaranya untuk lampu Penerangan Jalan Umum (PJU), kantor operasional dan juga gerbang tol di Jalan Tol Bali-Mandara.

Panel surya PLTS ini dipasang di enam titik, masing-masing di akses masuk dan keluar jalur motor di 3 gerbang tol Jalan Tol Bali-Mandara. Panjang panel surya untuk masing-masing titik tersebut adalah 1 kilometer. Memiliki kapasitas maksimum 400 Kilowatt-peak (kWp).

Baca Juga: Jelang G20: PLTS di Jalan Tol Bali Mandara Segera Direalisasikan

Pembangunan PLTS di Jalan Tol Bali-Mandara merupakan wujud kolaborasi dan sinergi BUMN dalam mendukung Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022.

Untuk mendukung kegiatan dan operasional PT Jasamarga Bali Tol (JBT) yang merupakan anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk (Jasa Marga). PLTS tersebut dibangun oleh PT Bukit Asam Tbk (PT BA) melalui anak perusahaannya, PT Bukit Energi Investama (PT BEI).

Peresmian dilakukan oleh Gubernur Bali I Wayan Koster, ditandai Penekanan tombol sirena bersama Asisten Deputi Bidang Jasa Infrastruktur Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga, Ketua Project Management Office (PMO) G20 Kementerian BUMN Reynaldi Istanto, Direktur Utama PTBA Arsal Ismail, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur, Direktur Utama PT BEI Zulfarli, dan Direktur Utama PT JBT I Ketut Adiputra Karang pada Rabu 21 September 2022 di pintu tol Bali Mandara Ngurah Rai.

Turut hadir dalam peresmian tersebut, Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Aryawibawa, Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Donny Arsal, Direktur Pengembangan Usaha PTBA Rafli Yandra, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PTBA Farida Thamrin, Direktur Operasi dan Produksi PTBA Suhedi, Direktur SDM PTBA Suherman, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Jasa Marga Ade Wahyu, dan Komisaris Utama PT JBT Bagus Cahya Arinta B.

Halaman:

Editor: Saifullah


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x