Jokowi Minta Tindaklanjuti 366 Proyek Senilai 309,4 Miliar Dolar AS Hasil Kesepakatan di KTT G20

- 28 November 2022, 15:44 WIB
Presiden Joko Widodo mengajak para pemimpin negara G20 dan lembaga internasional mengunjungi Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Kota Denpasar, Provinsi Bali, pada Rabu, 16 November 2022.
Presiden Joko Widodo mengajak para pemimpin negara G20 dan lembaga internasional mengunjungi Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Kota Denpasar, Provinsi Bali, pada Rabu, 16 November 2022. /Biro Pers Sekretariat Presiden/

INDOBALINEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya untuk segera mengeksekusi program dan inisiatif sebanyak 366 proyek senilai 309,4 miliar dolar AS yang telah disepakati pada pelaksanaan Presidensi G20 Indonesia.

Progra tersebut terdiri dari 226  proyek yang bersifat multilateral dengan nilai sebesar 238 miliar dolar AS dan 140 proyek yang bersifat bilateral dengan nilai 71,4 miliar dolar AS.

Jokowi meminta jajarannya membentuk gugus tugas khusus atau task force untuk menindaklanjuti kesepakatan yang dihasilkan hingga puncak acara KTT G20 di Bali belum ini.

Baca Juga: Telkomsel Gandeng Kredivo Luncurkan Layanan Telkomsel PayLater

“Ini yang paling penting agar segera ditindaklanjuti dengan membentuk task force untuk menyelesaikan kesepakatan-kesepakatan, karena ada 226 proyek yang bersifat multilateral dengan nilai 238 miliar dolar AS dan 140 proyek yang bersifat bilateral dengan nilai 71,4 miliar dolar AS. Ini harus dipastikan bahwa semua proyek program dan inisiatif ini segera dapat dieksekusi dengan cepat,” kata Jokowi saat memimpin Rapat Terbatas mengenai Evaluasi Pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 28 November 2022.

Jokowi juga mendorong jajarannya untuk mempercepat realisasi komitmen investasi yang diperoleh dari negara-negara G20.

“Saya melihat saat di Bali, di B20 itu energi positifnya kelihatan sekali, panas. Oleh sebab itu, jangan sampai komitmen investasi yang sudah ada ini tidak bisa terealisasi di lapangan,” ujarnya.

Baca Juga: UMP NTB 2023: Gubernur Tetapkan Upah Minimum Provinsi Rp2,371 Juta

Sejumlah komitmen investasi tersebut, antara lain, pendanaan infrastruktur melalui skema Partnership for Global Infrastructure and Investment (PGII) dan pendanaan pengembangan kendaraan listrik melalui Just Energy Transition Partnership (JETP) yang dipimpin oleh AS.

Selain itu, ada pula komitmen investasi dari Jepang, Inggris, dan Korea Selatan untuk MRT Jakarta serta kerja sama dengan Turki untuk pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra dan investasi lainnya.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x