Sebagai Penyelenggara Piala Dunia U20, Indonesia Akan Contoh Kesuksesan Qatar

- 20 Desember 2022, 11:15 WIB
 Foto Erick Thohir bersama Presiden FIFA Hosni Infantino /tangkapan layar dari youtube Planet
Foto Erick Thohir bersama Presiden FIFA Hosni Infantino /tangkapan layar dari youtube Planet /

 

 

 INDOBALINEWS - Sukses Qatar menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia 2022 menjadi contoh baik bagi Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun depan.
 
"Semoga penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun depan, Indonesia bisa menyamai atau bahkan bisa melebihi kesuksesan Qatar. Amin," kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.
 
 
Erick sebelumnya menemui Presiden FIFA Gianni Infantino bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di Qatar, membahas persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.
 
Dikutip dari Antaranews, Erick mengatakan hanya pada Piala Dunia 2022 Qatar inilah antusiasme penonton baik secara langsung maupun streaming luar biasa tinggi karena berhasil mencapai lebih dari dua miliar orang penonton. Tertinggi dalam sejarah Piala Dunia. Salah satu tolok ukur kesuksesan Qatar juga adalah kemampuan Qatar dalam menyajikan pesta olahraga yang meriah, sekaligus memperkenalkan keindahan budaya Islami lewat sepak bola, dan tampilan wasit wanita di sepakbola pria, urai Erick.
 
 
Saat ini, FIFA telah mengeluarkan dokumen Regulasi untuk The FIFA U-20 World Cup Indonesia 2023™️. Salah satu hal yang diatur dalam regulasi tersebut adalah tim yang akan berkompetisi. Sebagai tuan rumah, Indonesia diberi hak untuk mengikutsertakan 1 tim dalam kompetisi ini. "Gianni Infantino mendukung permintaan Presiden @jokowi untuk memaksimalkan penyelenggaraan kegiatan ini," ungkap Erick.

Direncanakan, ada 24 tim yang mengikuti kompetisi ini, dengan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC); Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF); Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah dan Karibia (Concacaf); Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) masing-masing mengirim 4 tim.

Sementara itu, Konfederasi Sepak Bola Eropa (UEFA) mendapatkan kuota tim terbanyak yaitu 5 tim. Selebihnya, terdapat dua tim sebagai jatah untuk Konfederasi Sepak Bola Oseania (OFC). ***
 

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x