Sandiaga Uno: Target Kunjungan Wisman Tiongkok Sebanyak 253 ribu Yakin Terealisasi

- 7 Januari 2023, 10:48 WIB
Sandiaga uno ( paling kiri)
Sandiaga uno ( paling kiri) /Instagram @sandiuno/

 

INDOBALINEWS  - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dari Tiongkok di tahun 2023 ini sebesar 253 ribu.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan sangat yakin bisa direalisasikan. Negeri Tirai Bambu itu akan membuka perbatasan pada 8 Januari 2023. Indonesia dikatakan sangat siap menyambut wisatawan mancanegara (wisman) termasuk asal Tiongkok tersebut.

Baca Juga: 4 Musisi Legend Indonesia Hadir di 20 Kota dalam Konser 'Indonesia Semua Jadi Satu'

“(Kesiapan Indonesia disebabkan) situasi pandemi COVID-19 sudah terkendali, bahkan tingkat kekebalan atau imunitas masyarakat Indonesia sudah di atas 98 persen. Selain itu, Presiden Joko Widodo pada Jumat (30/12/2022) secara resmi telah mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM),” jelas Sandi dalam Weekly Brief with Sandi Uno, Jakarta, Rabu dikutip dari Antaranews.

Hingga kini, pemerintah masih memberlakukan Surat Edaran (SE) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Nomor 25 tanggal 1 September 2022 untuk Pengaturan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN). Namun, kementerian/lembaga terkait masih berkoordinasi untuk merumuskan kebijakan terbaik.

GaluBaca Juga: Inilah Hari Terindah di Bali, Semua Ummat Berpakaian Adat Khas Bali dan Jejeran Penjor Sambut Galungan

“Dalam menyambut wisatawan Tiongkok kita lakukan dalam prinsip tentunya terbuka dengan penuh kehati-hatian,” kata Sandiaga.

Dia menyampaikan bahwa ada beberapa permintaan dari maskapai internasional Tiongkok untuk membuka penerbangan langsung ke Jakarta dan Bali, seperti Air China, China Eastern, dan China Southern.

Maskapai nasional seperti Garuda, Lion Air, dan Batik Air diharapkan pula dapat memenuhi permintaan penerbangan langsung tersebut.

Penerbangan langsung ini disebut bakal memudahkan wisatawan Tiongkok yang datang ke Indonesia. Sebab, biasanya wisman Tiongkok yang ingin ke Bali melalui Singapura terlebih dahulu, baru kemudian menuju Bandara Soekarno Hatta menggunakan penerbangan domestik menuju Bandara International I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Alternatif lainnya, wisatawan Tiongkok menggunakan penerbangan langsung dari Singapura ke Bali.

Halaman:

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x