Perayaan Imlek di Kuta Bali Unik, Ada Upacara Tolak Bala

- 22 Januari 2023, 05:12 WIB
Upacara Tolak Bala Jelang imlek di Vihara Dharmayana Kuta Bali
Upacara Tolak Bala Jelang imlek di Vihara Dharmayana Kuta Bali /Dok. INDOBALINEWS.COM/ saifullah

INDOBALINEWS  - Vihara Dharmayana Kuta Kabupaten Badung Bali akan dibuka 24 jam hari ini Minggu, 22 Januari 2023 mulai pukul 00.00 wita.

Ribuan warga keturunan Tionghoa di Kawasan wisata Kuta seperti biasa akan memadati tempat suci agama Buddha tersebut. Bahkan diprediksi wisatawan yang sedang berada di Bali juga akan banyak berkunjung seiring longgarnya aturan terkait pandemi Covid-19.

Baca Juga: Pernak Pernik Imlek Laris Manis di Bali, Pembeli Tidak Hanya Warga Keturunan Tionghoa

Salah satu pengurus inti Vihara Dharmayana, Adi Dharmaja Kusuma mengatakan meski pemerintah sudah mencabut PPKM tapi warga diharapkan tetap waspada menjaga diri dan lingkungannya, mengingat Vihara Dharmayana pasti padat oleh umat yang akan sembahyang juga wisatawan.

"Diprediksi sampai 3.000 orang karena selain warga keturunan Tionghoa dan keluarga besarnya yang sudah membaur juga wisatawan seperti tahun -tahun sebelumnya," kata Adi.

Baca Juga: Tempat Perayaan Tahun Baru Imlek di Bali, Ini Vihara dan Kelenteng Terpopuler

Ditambahkannya, bahwa di daerah Kuta pembauran sudah lebih dari 80 persen. Tidak saja yang terikat perkawinan tapi juga adat budaya Bali dan Tionghoa sudah berbaur. Salah satunya upacara Tolak Bala sehari sebelum puncak perayaan pergantian tahun Imlek di Vihara Dharmayana.

"Upacara tolak bala mungkin hanya ada di Vihara Dharmayana Kuta saja ya, akulturasi dua budaya begitu kental, ada media canang, ada pendeta yang percikin air tirta, warga pakai kamben sudah biasa ada Penjor bahkan setiap rumah ada Pura keluarga," jelas Adi.

Doa dipimpin pengurus Vihara Dharmayana
Doa dipimpin pengurus Vihara Dharmayana Dok Indobalinews.com/Saifullah

Halaman:

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x