Banjir Sambas, BPBD Bersama Tim Gabungan Salurkan Bantuan Logistik, 37.344 jiwa Terdampak

- 1 Februari 2023, 14:55 WIB
Tm Gabungan menyalurkan logistik kepada korban banjir Sambas Selasa 31 Januari 2023.
Tm Gabungan menyalurkan logistik kepada korban banjir Sambas Selasa 31 Januari 2023. /Dok BPBD Sambas

INDOBALINEWS - Usai banjir melanda wilayah Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat pada sejak Minggu 29 Januari 2023, BPBD Kabupaten Sambas bersama tim gabungan segera melakukan upaya percepatan penanganan darurat dengan menyalurkan bantuan logistik kepada warga terdampak pada Rabu 1 Februari 2023.

Tim gabungan yang terdiri dari unsur TNI-Polri, Dinas Sosial, BPBD, Pemerintah Daerah, Kecamatan dan Forkopimda bekerjasama memberikan kebutuhan dasar berupa logistik makanan bagi warga terdampak. 

Baca Juga: Dua Kelompok Aremania Beda Tuntutan, Dualisme Arema Kini Terjadi Pada Suporter?

"Kami memberikan bantuan ke warga di salah satu desa terdampak, yakni Desa Tempapan Hulu yang kami pantau cukup tinggi airnya," ujar Marjuni Kalaksa BPBD Kabupaten Sambas dalam pernyataan resminya yang dikutip Rabu 1 Februari 2023.

Hasil kaji cepat sementara, tercatat sedikitnya 10.885 KK / 37.344 jiwa terdampak atas kejadian ini.

Selain itu, terdapat 3.716 rumah terendam yang tersebar di delapan kecamatan. Delapan kecamatan tersebut terdiri dari Kecamatan Sejangkung, Paloh, Tangaran, Teluk Keramat, Galing, Jawai Selatan, Sambas dan Jawai. 

Baca Juga: Resep Masakan: Bumbu Saus Padang Praktis dan Mudah Ala Rumahan

Hingga kini, para warga memilih bertahan di rumah masing-masing, namun ada juga warga yang mengungsi di rumah kerabat terdekat. Pemerintah setempat juga telah menyiapkan lokasi pengungsian di Balai Desa bagi warga yang membutuhkan.

Kondisi cuaca di lokasi disebutkan bahwa masih turun hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Merujuk prakiraan cuaca BMKG untuk wilayah Sambas hingga tiga hari kedepan pada Jumat 3 Februari 202e berpotensi hujan dengan intensitas sedang.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x