Kelenteng Tertua di Bali Gelar Perayaan Cap Go Meh Dimeriahkan Wayang Potehi

- 6 Februari 2023, 13:44 WIB
Nyoman Suarsana Hardika Dewan Pertimbangan Kelenteng Caow Eng Bio
Nyoman Suarsana Hardika Dewan Pertimbangan Kelenteng Caow Eng Bio /Dok. Saifullah/ Indobalinews.com

Wayang Potehi digelar di Caow Eng Bio Tanjung Benoa Bali
Wayang Potehi digelar di Caow Eng Bio Tanjung Benoa Bali Dok. Saifullah/ Indobalinews.com

INDOBALINEWS - Kelenteng tertua di Bali, Caow Eng Bio di Tanjung Benoa Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung Bali, menggelar acara perayaan Cap Go Meh, Minggu, 5 Februari 2023.

Seperti tahun-tahun sebelumnya perayaan Cap Go Meh di Caow Eng Bio selalu meriah, seperti kali ini panitia mendatangkan grup wayang khas Tionghoa yakni wayang Potehi dari Jombang Jawa Timur.

Caow Eng Biow
Caow Eng Biow Dok. Saifullah/ INDOBALINEWS

Dewan Pertimbangan Kelenteng Caow Eng Bio, Nyoman Suarsana Hardika mengatakan wayang potehi merupakan seni pertunjukan boneka tradisional asal Fujian, Tiongkok Selatan.

Wayang Potehi sengaja didatangkan untuk menghibur warga di Tanjung Benoa khususnya anak-anak sekaligus melelestarikan Wayang Potehi yang hampir punah akibat kurangnya pegiat seni wayang Potehi.

"Kita datangkan dari Jombang dan tampil sejak tanggal 3,4,5, sekarang sudah mulai langka dan sedikit yang bisa terutama dalangnya. Kita kelenteng tertua di Bali prihatin dan ikut melestaarikan," kata Nyoman Suarsana Hardika

Selain wayang Potehi tak ketinggalan atraksi Barongsai dan liong yang cukup digemari anak-anak. Atraksi barongsai dimulai sore hingga malam hari. Anak -anak cukup antusias memberikan barongsainya angpau.

Perayaan Cap Go Meh di kelenteng Caow Eng Bio yang juga khas adalah penyajian hidangan makanan untuk warga yang datang yakni Lontong sayur Cap Go Meh.

Halaman:

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x