Sebanyak 155 Warga Terpaksa Mengungsi Akibat Longsor di Toraja Utara

- 7 Februari 2023, 15:59 WIB
Kondisi rumah pascalongsor di Toraja Utara yang terjadi Sabtu 4 Februari 2023.
Kondisi rumah pascalongsor di Toraja Utara yang terjadi Sabtu 4 Februari 2023. /Dok BNPB

INDOBALINEWS - Sebanyak 115 warga dilaporkan mengungsi dari peristiwa tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu 4 Februari 2023.

Peristiwa yang terjadi pukul 06.05 WITA tersebut dipicu hujan dengan intensitas tinggi serta labilnya konstruksi tanah diwilayah tersebut.

Peristiwa tanah longsor ini menimpa rumah warga di Desa Kurra dan Desa Lembang Toyasa Akung yang terletak di Kecamatan Bangkelikila.

Baca Juga: Jakarta Bukan Lagi Ibu Kota Negara Mulai 2024, Begini Kata Kepala Otorita IKN

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Toraja Utara melaporkan kaji cepat melalui Pusdalops BNPB per Minggu 5 Februari 2023 pukul 14.00 WIB, tercatat delapan rumah, satu lumbung padi dan satu hektar sawah terdampak longsor.

"Selain itu, kerugian juga dialami peternak setempat hingga berimbas pada sepuluh hewan ternak tertimbun material longsor," demikian laporan BNPB yang dirilis Selasa 7 Februari 2023.

BPBD Kabupaten Toraja Utara bersama tim gabungan seperti unsur TNI/POLRI, Pemerintah Daerah setempat dan masyarakat memberikan penanganan darurat seperti pemberian logistik dan evakuasi bagi warga terdampak.

 Baca Juga: Gempa Turki: Mantan Pemain Newcastle United, Christian Atsu Dilaporkan Tertimpa Reruntuhan Apartemen

Berdasarkan informasi PVMBG mengenai potensi pergerakan tanah di wilayah Kabupaten Toraja Utara khususnya Kecamatan Bangkelikila.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x