47 Orang Tim Inasar Dikerahkan Bantu Korban Gempa Turki

- 10 Februari 2023, 23:25 WIB
Kabasarnas melepas 47 orang tim Inasar untuk membantu korban gempa Turki, Jumat 10 Februari 2023.
Kabasarnas melepas 47 orang tim Inasar untuk membantu korban gempa Turki, Jumat 10 Februari 2023. /Dok Basarnas

INDOBALINEWS - Kabasarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi melepas tim Indonesia Search and Rescue (INASAR) yang akan dikerahkan ke Turki.

Pelepasan dilakukan di Lapangan Basarnas Jalan Angkasa Blok B. 15 Kav. 2-3 Kemayoran, Jakart Pusat, Jumat 10 Februari 2023 sekitar pukul 14.00 WIB.

Personil yang terlibat sebanyak 47 orang, terdiri dari 42 anggota Basarnas, 4 anggota K-9 Polri, dan 1 anggota medis dari RS Cipto Mangunkusumo.

Baca Juga: Kiat Sukses Menjadi Disainer ala Samuel Wattimena

Kabasarnas berpesan agar seluruh personil melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. 

“Saudara-saudara mendapat tugas untuk membantu operasi SAR. Saya minta, laksanakan tugas ini dengan penuh dedikasi. Kerahkan semua kemampuan yang kalian miliki dan jaga nama baik bangsa dan negara yang kita cintai ini,” tegasnya.

Ke-47 personil yang akan diberangkatkan tersebut telah lulus dalam penilaian International Search and Rescue Advisory Group atau INSARAG Eksternal Clasification (IEC) sebagai tim urban SAR medium class.

Baca Juga: I Wayan Geredeg Datangi Kediaman Gde Agung, Cari Dukungan Maju DPD RI?

Artinya, mereka telah bersertifikat internasional dan kapabel untuk memberikan bantuan di bidang SAR di negara lain yang membutuhkan bantuan Urban SAR (USAR).

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x