Limbah Plastik Indonesia Capai 66 Juta Ton per Tahun, Indusrti Kecantikan L'Oréal Tunjukan Kepedulian

- 15 Februari 2023, 22:54 WIB
Tempat pengolahan sampah di Denpasar Bali
Tempat pengolahan sampah di Denpasar Bali /Dok. Humas L’Oreal

INDOBALINEWS – Limbah plastik yang dihasilkan Indonesia mencapai 66 juta ton per tahun dan 3,2 juta ton terbuang ke laut, namun dari jumlah tersebut hanya 10% yang berhasil di daur ulang dan mayoritas tipe plastik yang banyak didaur ulang adalah tipe Polyethylene terephthalate (PET).

 

Salah satu industri kecantikan, L'Oréal Indonesia berkomitmen mendukung misi pemerintah dalam menangani isu sampah plastik di Indonesia melalui komitmen “L'Oréal for The Future” (L4TF).

L4TF merupakan strategi pembangunan berkelanjutan yang telah dijalankan sejak 2020 dengan target berbasis sains dan memiliki komitmen jangka panjang hingga 2030 yang mencakup 6 topik utama salah satunya adalah pengelolaan sampah.

Salah satu upaya nyata yang L'Oréal Indonesia lakukan adalah dengan bekerja sama dan menjadi anggota Indonesia Packaging Recovery Organization (IPRO) dalam hal kolaborasi daur ulang plastik, khususnya tipe plastik yang masih jarang dan sulit didaur ulang seperti PP dan MLP sejak tahun 2022.

L'Oréal Indonesia memberikan dukungan terhadap 8 infrastruktur daur ulang plastik Polypropylene (PP) dan Multi Layered Plastic (MLP) yang memiliki tingkat daur ulang yang rendah di Indonesia.

Jika melihat jumlah persentase dari total sampah secara nasional, plastik PP menyumbang 31% dari semua produk plastik di Indonesia dan PET hanya menyumbang 12% dari jumlah tersebut, sehingga infrastruktur daur ulang sampah plastik khususnya PP dan MLP masih dibutuhkan.

“Plastik tipe PP dan MLP merupakan limbah plastik yang sulit terurai dan belum memiliki infastruktur daur ulang yang terbangun dengan baik, hal tersebut menyebabkan tingkat daur ulang PP dan MLP masih tergolong rendah di Indonesia.

Hal tersebut jelas tidak hanya berdampak pada lingkungan tetapi juga pada rendahnya nilai ekonomi dari kedua tipe plastik tersebut.

Halaman:

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x