Status Gunungapi Karangetang Naik Jadi ‘Siaga'

- 17 Februari 2023, 08:43 WIB
Dapur umum untuk pengungsi erupsi Gunung Karangetang yang dievakuasi ke museum Kamis 16 Februari 2023.
Dapur umum untuk pengungsi erupsi Gunung Karangetang yang dievakuasi ke museum Kamis 16 Februari 2023. /Dok BNPB

 

INDOBALINEWS - Gunungapi Karangetang yang berada di Pulau Siau dengan ketinggian 1.784 mdpl telah dinaikkan menjadi level III atau ‘Siaga'.

Seperti yang dilansir dari BNPN, status tersebut ditetapkan seiring meningkatnya aktivitas vulkanik sejak sepekan terakhir.

Sebagaimana yang menjadi rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, dalam tingkat aktivitas Level III (Siaga) masyarakat atau pengunjung dan wisatawan juga pendaki tidak diperbolehkan beraktivitas dan mendekati area dalam radius 2,5 kilometer dari kawah utama serta 3.5 kilometer pada sektor selatan dan tenggara.

 Baca Juga: Kata Bijak Abu Bakar As Siddiq: Membangun Ketaqwaan dan Keimanan

Pemantauan secara intensif tetap dilakukan guna mengevaluasi kegiatan Gunungapi Karangetang oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

Masyarakat di sekitar Gunungapi Karangetang diharap tenang tidak terpancing isu-isu tentang erupsi dan agar senantiasa mengikuti arahan dari BPBD Provinsi Sulawesi Utara dan BPBD Kabupaten Sitaro.

 Baca Juga: Prakiraan Cuaca Wilayah Bali Hari Ini, 17 Februari 2023 : Waspada Hujan Petir di Wilayah Bangli

Pada musim hujan masyarakat yang tinggal di sepanjang bantaran sungai yang berhulu dari puncak Gunungapi Karangetang agar mewaspadai bahaya sekunder berupa ancaman aliran lahar.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: BNPB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x