Nyepi, Tol Bali Mandara Tutup 32 Jam

- 18 Maret 2023, 08:53 WIB
Papan Nama Tol Bali Mandara
Papan Nama Tol Bali Mandara /Saifullah/ IndoBaliNews.com

IndoBaliNews - PT Jasamarga Bali Tol (JBT) akan menutup operasional Jalan Tol Bali Mandara selama 32 Jam, mulai hari Selasa 21 Maret 2023 pukul 23.00 Wita, dan akan dibuka kembali pada hari Kamis, 23 Maret 2023 pukul 07.00 Wita. Ini terkait puncak perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945.

Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol, I Ketut Adi Putra Karang, mengatakan penutupan sementara Jalan Tol Bali Mandara dilakukan dalam rangka menjaga keluhuran tradisi dan kebudayaan Bali, sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol, I Ketut Adi Putra Karang
Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol, I Ketut Adi Putra Karang Saifullah/ IndoBaliNews.com

"Hal ini adalah salah satu bentuk kepedulian Perusahaan  dalam menghargai dan menghormati kearifan lokal dari Perayaan Hari Raya Nyepi yang menjadi hari raya besar keagaamaan umat Hindu Sedharma di Bali," jelas Adiputra.

Namun dalam situasi darurat seperti mobil Pemadam Kebakaran, Ambulans, dan lainnya yang sifatnya emergensi tetap bisa lewat karena ada petugas yang jaga.

Namun walaupun ada pengecualian itu, PT JBT menghimbau kepada para pengemudi kendaraan yang dikategorikan darurat tersebut untuk selalu di dampingi oleh pecalang atau instasi terkait sesuai dengan SOP yang sudah ditentukan.

Hal ini juga menurut Adi, berdasarkan Surat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: UM.01.01Mn/561, tanggal 20 Maret 2020 perihal Izin Penutupan Dalam Rangka Hari Raya Nyepi serta Menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Bali Nomor: 422.3/15315/PK/BKPSDM tanggal 20 Oktober 2022, tentang Hari Libur Nasional, Cuti Bersama dan Dispensasi Hari Raya Suci Hindu di Bali Tahun 2023.

Selanjutnya sebelum hari puncak perayaan Nyepi, yakni Dalam kegiatan upacara Melasti yang akan dilakukan pada hari Minggu,19 Maret 2023 di tempat Pemelastian Desa Adat Pedungan, PT. JBT juga terlibat langsung dengan mengerahkan Tim Patroli, berkoordinasi dengan Polres Benoa, Induk 6 Ditlantas Polda Bali, dan Pecalang untuk  pengaturan lalin dari perempatan Pesanggaran ke arah Pelabuhan Benoa sampai ke lokasi Melasti.

Nantinya selama kegiatan Melasti berlangsung akan diberlakukan contra flow sementara pada jalan akses Pelabuhan Benoa, dari pukul 05.00 Wita hingga selesai.

Halaman:

Editor: Saifullah


Tags

script async src="https://click.advertnative.com/loading/?handle=8153" >

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x