Menarik, Limbah Kulit Kopi Jadi Pakan Ternak Hasil Uji Tim PKM Program Pascasarjana Warmadewa

- 11 April 2023, 11:24 WIB
Tim PKM Program Pascasarjana Universitas Warmadewa saat pendampingan bikin pakan ternak dari kulit kopi.
Tim PKM Program Pascasarjana Universitas Warmadewa saat pendampingan bikin pakan ternak dari kulit kopi. /Humas Universitas Warmadewa/ Muliartha

INDOBALINEWS - Tim PKM dari Program Pascasarjana Universitas Warmadewa, melakukan kegiatan pendampingan dan pelatihan pembuatan pakan ternak kambing dari kulit kopi difermentasi sebagai pakan tambahan selain hijauan pada Kelompok Ternak Kambing Subak Abian Pebunut di Desa Catur Kintamani, Minggu 9 April 2023.

 

Sebelumnya telah dilakukan uji aplikasi penelitian  pada ternak babi sebagai pakan substitusi pada pakan komersial pada tahun yang lalu, didapatkan substitusi 10% pakan komersial berpengaruh sinifikant terhadap pertumbuhan dan pertambahan bobot badan.

Sedangkan pada ternak babi induk, didapatkan substitusi 5% berpengaruh lebih baik terhadap littersize (jumlah anak yang dilahirkan), bobot lahir anak dan bobot sapih. Kemudian telah dilakukan uji penelitian pada ternak ayam kampung super didapatkan substitusi kulit kopi fermentasi pada pakan komersial sebanyak 5% menunjukkan hasil yang paling baik terhadap pertambahan bobot badan dan bobot badan akhir.

Baca Juga: Warmadewa Research Center Targetkan Peningkatan Kualitas Penelitian Dalam 5 Tahun Kedepan

Dengan fakta-fakta seperti ini, maka kelompok ternak kambing sangat antusias untuk menerapkan pada ternaknya. Dalam kegiatan PKM ini, kelompok dan anggota kelompok sebanyak 15 orang diberikan penyuluhan tentang manfaat limbah kulit kopi terfermentasi sebagai pakan ternak, juga diberikan pelatihan langsung cara pembuatan fermentasi kulit kopi.

Para anggota kelompok berharap hasil permentasi yang mereka lakukan dapat diaplikasikan pada ternak kambing, sekaligus juga dilakukan pengamatan terhadap pertumbuhan ternaknya selama 2 bulan.

Baca Juga: Lulus Terbaik Pertanian Universitas Warmadewa, Putra Labuan Bajo Ini Ingin Bangun Kampung Halaman

Ketua tim Dr. Ir. I Dewa Nyoman Sudita, M.P., dan anggota tim Dr. Ir. Yohanes Parlindungan Situmeang, M.Si. mengatakan kegiatan tersebut sebagai iplementasi Tridharma Perguruan Tinggi, para dosen disamping tugas pokok mengajar maka  dituntut untuk melakukan kegiatan pada masyarakat (PKM).

Halaman:

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x