19 Dokter Spesialis Jiwa Dirikan BMHC Tangani Kesehatan Mental Pasca Pandemi

- 16 April 2023, 14:27 WIB
Kantor Bali Mental Health Clinic (BMHC)
Kantor Bali Mental Health Clinic (BMHC) /Humas BMHC

IndoBaliNews - Seiring pudarnya pandemi Covid-19, masyarakat dunia tidak terkecuali di Bali mulai aktif lagi berkegiatan seperti sedia kala.

Namun efek pandemi Covid-19 banyak mempengaruhi kesehata tidak saja fisik tapi juga kesehatan mental banyak orang. Kesehatan mental merupakan aspek penting dalam mewujudkan kesehatan yang menyeluruh. Namun di sebagian besar negara berkembang, masalah kesehatan mental belum diprioritaskan apabila dibandingkan dengan penyakit menular.

Fasilitas pelayanan kesehatan mental masih sedikit dan terbatas, terlebih fasilitas layanan kesehatan yang menyediakan pelayanan kesehatan mental secara lengkap.

Atas fenomena tersebut, 19 dokter spesialis kedokteran jiwa didukung oleh tim manajemen yang berpengalaman yaitu ibu Cokorda Putri Rustini, dr. Ni Putu Ayu Saraswati Apsari, Sp.KK, dr. I Gst Rai Putra Wiguna, Sp.KJ dan dr. I Gde Yudhi Kurniawan, Sp.KJ berkumpul untuk menjawab tantangan tersebut dengan mendirikan Bali Mental Health Clinic (BMHC).

BMHC beralamat di jalan Imam Bonjol No. 125, Monang-Maning, Pemecutan Kelod, Denpasar Barat, Kota Denpasar Bali.

Dipimpin oleh dr. I Gusti Rai Tirta, Sp.KJ (K) yang berpengalaman sebagai Direktur Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali di Bangli, BMHC sebagai klinik utama rawat inap khusus jiwa pertama di Pulau Bali berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan jiwa yang aman, handal dan terpercaya, Bali Mental Health Clinic (BMHC) menawarkan layanan kesehatan jiwa yang lengkap dan memadukan dengan wisata Bali yang terkemuka.

Konsep medical tourism ini diimplementasikan dengan mengadakan pelayanan kegawat daruratan masalah mental; layanan rehabilitasi psikososial untuk orang dengan gangguan jiwa; layanan rehabilitasi narkobayang aman dan legal baik untuk detoksifikasi maupun stabilisasi orang yang mengalami ketergantungan zat; layanan rehabilitasi untuk anak berkebutuhan khusus meliputi fisioterapi, terapi okupasi dan terapi wicara; layanan tes kapasitas mental dan kepribadian; layanan pencegahan dan perawatan percobaan bunuh diri; layanan respite care berupa perawatan orang dengan gangguan jiwa untuk jangka waktu tertentu meskipun tanpa indikasi rawat inap; sampai dengan permasalahan hukum yang melibatkan Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Bali Mental Health Clinic (BMHC) juga berupaya memenuhi kebutuhan turis mancanegara untuk mengakses layanan kesehatan jiwa baik untuk konsultasi maupun untuk mendapatkan pengobatan lanjutan dari negaranya.

Semua layanan dilaksanakan oleh Psikiater dan Psikolog Klinis yang professional dan berpengalaman di bidangnya serta didukung dokter umum, tim keperawatan yang terlatih, ahli gizi, apoteker dan unsur penunjang lainnya. Masyarakat dapat mengakses layanan Bali Mental Health Clinic (BMHC) secara langsung maupun dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui telemedicine.

Halaman:

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x