Saudi Buka Umrah Bertahap, ‘Tunggu Rilis Izin Masuk’

- 23 September 2020, 11:08 WIB
Pemerintah Arab Saudi akan membuka layanan ibadah umrah untuk jemaah dalam dan luar negeri.
Pemerintah Arab Saudi akan membuka layanan ibadah umrah untuk jemaah dalam dan luar negeri. /Antara/

INDOBALINEWS - Saudi sedang mempertimbangkan untuk membuka umrah bagi muslim dari luar negaranya, khususnya bagi negara yang sudah mendapat izin memberangkatkan jemaah. 

Diawali dengan izin terbatas bagi warga negara dan ekspatriat yang tinggal di sana, 

“Kami masih menunggu rilis dari Kemenkes Saudi. Kami berharap Indonesia termasuk yang mendapat izin memberangkatkan,” terang Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar, di Jakarta, Rabu (23/09).

Kerajaan Arab Saudi secara bertahap akan kembali membuka penyelenggaraan ibadah umrah. “Saudi dalam pengumumannya menyebut akan merilis daftar negara mana saja yang akan mendapatkan izin memberangkatkan jemaah umrah,” ujar Nizar. 

Baca Juga: Buka Kembali Izin Umrah, ini Jumlah yang Diizinkan Melaksanakan Ibadah Umrah

Kemenag terus melakukan koordinasi, baik dengan Konsul Haji KJRI Jeddah, maskapai penerbangan maupun Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) terkait persiapan jika penyelenggaraan ibadah umrah kembali dibuka.

Koordinasi terkait prioritas pemberangkatan jemaah umrah yang tertunda sejak 27 Februari 2020, serta penerapan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19.

“Kami sudah minta ke Konsul Haji KJRI untuk ikut memantau kemungkinan Indonesia mendapat izin memberangkatkan jemaah umrah,” tuturnya.

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus M. Arfi Hatim juga mengatakan," keberangkatan jemaah umrah asal Indonesia masih menunggu rilis daftar negara yang mendapat izin dari Saudi. Namun, sambil menunggu kepastian dari Pemerintah Saudi termasuk kesiapan semua layanan di Saudi, persiapan tetap dilakukan."

Halaman:

Editor: Rudolf

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x