'Fasilitas, Sarana dan Prasarana Olahraga Pasca PON Papua Harus Diperlihara'

- 14 Oktober 2021, 09:18 WIB
Jumpa pers menyoal fasilitas sarana dan prasarana pasca PON Papua 2021 agar tak terbengkalai.
Jumpa pers menyoal fasilitas sarana dan prasarana pasca PON Papua 2021 agar tak terbengkalai. /Dok Media Center PON Papua 2021.

INDOBALINEWS - PON Papua 2021 tinggal beberapa hari lagi akan berakhir. PON ini sendiri digelar di empat kluster di Kota Jayapura terdiri dari (16 venue), di Kabupaten Jayapura (14), Kabupaten Mimika (9), dan Kabupaten Merauke (5).

Seperti diketahui sebagian venue di empat klaster itu memang sudah disiapkan oleh Pemprov Papua dan hanya membutuhkan renovasi dan penyesuaian untuk memenuhi standar internasional, namun sebagian venue lainnya harus dibangun baru.

Direktur Prasarana Strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan,sesuai Inpres No 10 tahun 2017, dibangun venue untuk aquatic (kolam renang, polo air, dan loncat indah), Istora, hoki (indoor dan outdoor), dan kriket.

Baca Juga: Navicula Rilis 'Mulih', Terinspirasi Situasi Pandemi

Kemudian, sesuai Inpres No 1 tahun 2020, dibangun pula venue untuk cabang olahraga sepatu roda, panahan, dan dayung.

“Penyelenggara kemudian juga minta dukungan penataan kawasan yang terdiri dari, rumah susun sebagai wisma atlet, juga infrastruktur jalan, air bersih, drainase, sanitase, dan lainnya,” kata Iwan kepada wartawan di Media Center Jakarta untuk PON 2021, Rabu 13 Oktober 2021, dalam pernyataan resminya.

Fasilitas-fasilitas cabang olahraga dan sarana-prasarana PON 2021 itu tentu tak boleh terabaikan pasca-PON. “Nah, itu. Dalam setiap pesta, yang repot kan yang cuci piring,” kata Iwan.

Baca Juga: Dipertanyakan, PPK Tidak Terbitkan Tender Proyek Pembangunan Canal IPA Belusung Denpasar

Menurut Iwan, pemanfaatan semua fasilitas sarana-prasarana PON itu sejak awal juga sudah diingatkan Presiden Joko Widodo. Sarana dan prasarana itu tak boleh mubazir, tak terurus, tersia-siakan.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x