Field Trip Delegasi GPDRR, Indonesia Siap Unjuk Gigi Pariwisata Tangguh Bencana

- 26 Mei 2022, 22:06 WIB
Kemenparekraf Sandiaga Uno saat press conference di venue GPDRR 2022, Kamis 26 Mei 2022 menjelaskan tentang field trip delegasi yang akan melihat pariwisata tangguh bencana di Bali.
Kemenparekraf Sandiaga Uno saat press conference di venue GPDRR 2022, Kamis 26 Mei 2022 menjelaskan tentang field trip delegasi yang akan melihat pariwisata tangguh bencana di Bali. /Dok GPDRR

 

INDOBALINEWS - Memasuki hari kelima pelaksanaan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7 di Nusa Bali, para delegasi akan melakukan field trip.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno mengatakan bahwa Indonesia siap unjuk gigi terkait pariwisata berkelanjutan dan berbasis lingkungan dengan beragam kearifan lokal dalam program field trip ini.

“Kita akan membawa para delegasi ke lima lokasi field trip dimana kita akan memperlihatkan kearifan lokal dengan kekayaan budaya dan adat setempat yang mampu membangun ketangguhan bencana secara berkelanjutan,” jelas Sandiaga dalam Press Conference The Story of Tourism Resilience di Media Center GPDRR, Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Kamis 26 Mei 2022.

Baca Juga: Buka Pintu Air Saat Banjir di Denpasar, Wayan Redun Terpeleset Tak Bisa Diselamatkan

Proses pemilihan lokasi field trip yang terdiri dari Desa Penglipuran, Pura Besakih, Garuda Wisnu Kencana, Uluwatu dan Tanjung Benoa telah melalui beragam pertimbangan dan pembahasan langsung bersama pihak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf).

“Melalui pembicaraan dengan pengusaha pariwisata dan ekraf serta langsung bersama PBB, kami telah memilih lokasi field trip sesuai input dan feedback yang didapatkan, terlebih kami ingin memperkenalkan pariwisata berbasis komunitas dan berkelanjutan yang diinginkan dunia,” tutur Sandiaga.

Selain itu, program pariwisata berkelanjutan atau Tourism Resilience juga menawarkan beragam upaya pelestarian lingkungan.

Baca Juga: Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia, Dirayakan 'We Are Sisters' di Lapas Kerobokan Bali

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x