Indahnya Pemandangan di Lokasi Bekas Tambang yang Disulap Jadi Destinasi Wisata di Bangka Tengah

- 11 Agustus 2022, 21:28 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno di Desa Wisata Perlang di Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung,
Menparekraf Sandiaga Uno di Desa Wisata Perlang di Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung, /Dok Humas Kemenparekraf.

 

INDOBALINEWS -Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi kreativitas masyarakat Desa Wisata Perlang di Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung, dalam memanfaatkan bekas galian tambang timah di desanya menjadi desa wisata.

"Kita harus pastikan bahwa post mining atau pasca tambang itu bukan hanya meninggalkan musibah. Tapi kalau dikelola dengan penuh hikmah akan menjadikan berkah," kata Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Perlang, Kamis 11 Agustus 2022.

Desa Wisata Perlang merupakan salah satu dari 50 desa wisata terpilih dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Baca Juga: Pasar Rakyat di Buleleng Digelar, Sinergi dan Gotong Royong untuk Masyarakat

Desa yang terletak di Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah ini berjarak 73 kilometer dari Bandara Depati Amir, Pangkalpinang.

Desa itu dulunya dikenal sebagai lokasi penambangan timah yang menyisakan lubang besar. Lubang besar ini kemudian berubah menjadi danau yang bernama Danau Pading.

Selain Danau Pading, Desa Wisata Perlang juga memiliki berbagai destinasi wisata lain yang indah seperti Bukit Pading, Air Terjun Sadap, dan Gusung Perlang. Selain itu ada juga keberagaman seni tradisi dan budaya seperti tari sekapur sirih, tari campak, dan barongsai.

Baca Juga: Nekat Buka Paksa Segel, Pemilik Money Changer di Kuta Dipolisikan

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x