Sandiaga Uno Sikapi Miskomunikasi Internal, Insiden Jetstar Harus Return to Base ke Melbourne

- 3 Januari 2023, 23:25 WIB
Maskapai Jetstar
Maskapai Jetstar /Dok. PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

INDOBALINEWS - Menyikapi adanya miskomunikasi internal di kantor pusat Jetstar Melbourne yang membuat pesawat rute Melbourne ke Bali harus return to base, Menparekraf Sandiaga Uno mengimbau semua maskapai patuhi prosedur.

Imbauan itu ditujukan kepada seluruh maskapai penerbangan baik nasional maupun internasional agar selalu mematuhi prosedur dan aturan sesuai undang-undang yang berlaku dalam upaya menjamin keselamatan bersama utamanya wisatawan.

Respons ini diberikan Menparekraf Sandiaga dalam acara “The Weekly Brief With Sandi Uno” yang digelar secara daring, Senin 2 Januari 2023.

Baca Juga: Detik Detik Fast Boat Kebo Iwa Express Tenggelam hingga Terbalik di Perairan Sanur Bali Terekam, Mendebarkan

Penerbangan JQ35 dari Melbourne ke Denpasar pada 27 Desember 2022 diputuskan untuk return to base, karena berangkat tanpa persetujuan penerbangan atau flight approval yang diperlukan untuk tiba di Denpasar.

“Saat ini Jetstar sedang mereview secara menyeluruh mengenai kejadian tersebut dan akan menerapkan prosedur untuk mencegah hal ini terulang lagi. Kemenparekraf juga mengingatkan kepada para maskapai untuk tertib mematuhi prosedur dan aturan yang berlaku. Peraturan harus ditegakkan demi keselamatan kita bersama,” kata Menparekraf Sandiaga dalam pernyataan resminya yang dikutip Selasa 3 Januari 2022.

Baca Juga: Rumor Transfer Pemain Liga 1: PSIS Semarang Incar Eks Liga 2 Jepang Emmanuel Oti, Gantikan Jonathan Cantillana

Apabila seluruh prosedur dan aturan yang berlaku ini dipatuhi oleh seluruh maskapai penerbangan, maka akan sangat membantu target kinerja Kemenparekraf dalam mencapai 3,5 juta - 7,4 juta wisatawan mancanegara di tahun 2023 dan 1,2 milir - 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara.

“Dan Bali sebagai salah satu destinasi unggulan di Indonesia diharapkan dapat menopang target tersebut dengan jumlah kunjungan wisman sebesar empat juta di tahun 2023,” ujar Sandiaga. ***

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x