Total Anggaran Rp3 Triliun di BMTH, Erick Thohir Berharap Bisa Menghasilkan 5-10 Kali Lipatnya

- 12 Mei 2024, 22:05 WIB
Erick Thohir tengah obrservasi untuk membangun ekosistem di daerah pelabuhan Benoa.
Erick Thohir tengah obrservasi untuk membangun ekosistem di daerah pelabuhan Benoa. /Erick Thohir Twitter

INDOBALINEWS - Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono mengatakan infrastruktur laut pada proyek pembangunan Bali Maritime Tourism Hub di Pelabuhan Beno, saat ini tahap pengerukan alur dan kolam paket B, begitu juga paket A yang sedang dikebut pengerjaanya.

“Pengerukan mungkin satu paket B itu selesai September, tapi intinya kedua pekerjaan itu diharapkan bisa selesai semuanya,” ujar Arif di Denpasar Minggu 12 Mei 2024.

Selain itu, rencananya di kawasan itu juga dibangun fasilitas hiburan yang ditargetkan mulai dibangun satu hingga dua bulan mendatang.

Ada pun perkembangan proyek BMTH yang sudah 100 persen yakni pengembangan gerbang dan perluasan terminal penumpang, pekerjaan infrastruktur dasar dan fasilitas umum penunjang pariwisata.

Baca Juga: Kasus Pelecehan Mahasiswi oleh Dosen di UPN Veteran Yogyakarta, KemenPPPA Dampingi Korban

Selanjutnya, pengerjaan taman, perluasan dermaga kapal pesiar timur sepanjang 160 meter, pengerjaan pelindung pantai dan dinding penahan tanah (revetment and retaining wall dumping I dan II) juga sudah 100 persen.

Saat ini juga sedang dilakukan penyiapan lahan untuk pasar atau Bali tenten dan pekerjaan infrastruktur dasar zona dumping 1 mencapai 73 persen.

Infrastruktur BMTH merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang ditargetkan pembangunan seluruhnya rampung pada 2024.

BUMN itu mencatat selama 2023, total sebanyak 48 kapal pesiar sandar di Pelabuhan Benoa dengan penumpang yang dilayani mencapai 77.864 orang.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah