Partai Demokrat Gelar Kongres Luar Biasa Jilid II

- 5 Maret 2021, 12:27 WIB
Beredar di media sosial suasana ruangan berlangsungnya Kongres Luar Biasa Partai Demokrat.
Beredar di media sosial suasana ruangan berlangsungnya Kongres Luar Biasa Partai Demokrat. /Indobalinews/Istimewa

INDOBALINEWS - Partai Demokrat kembali menggelar Kongres Luar Biasa (KLB). Ini untuk kedua kalinya Partai Demokrat menggelar KLB, setelah pada tahun 2013 lalu menggelar mekanisme serupa di Bali.

Bedanya, KLB jilid II ini diawali dengan isu kudeta sebagaimana disampaikan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beberapa waktu lalu.

KLB jilid II dikabarkan akan berlangsung di Sumatera Utara, Jumat 5 Maret 2021. Beberapa nama mantan petinggi Partai Demokrat, diinformasikan menghadiri KLB ini.

Baca Juga: SBY Setuju Rencana Kongres Luar Biasa Partai Demokrat, AHY: Itu Hoaks dan Fitnah!

Sementara itu politisi senior Partai Demokrat HM Darmizal MS, melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis 4 Maret 2021, mengklaim Kongres Luar Biasa ini akan dihadiri sekitar 1.200 orang yang terdiri dari peserta DPC dan DPD Partai Demokrat serta tamu undangan.

"(Insya Allah) KLB dilaksanakan pada Jumat siang (5 Maret 2021). Peserta yang sudah menyatakan siap hadir sebanyak 1.200 orang. Terdiri DPC, DPD, organisasi sayap dan semua tamu undangan," tulisnya.

Baca Juga: Rapimnas Golkar, Bahas Strategi Pemenangan Pilkada Hingga Pileg dan Pilpres

Ia meyakini, Kongres Luar Biasa akan memilih dan menetapkan Ketua Umum Partai Demokrat yang baru. Sebab banyak kader berharap dengan Ketua Umum yang baru, Partai Demokrat akan kembali kepada kejayaannya.

"Insya Allah di bawah pimpinan Ketua Umum baru Partai Demokrat akan menjadi pemenang Pemilu 2024 dengan target perolehan suara di atas 25 persen," kata Darmizal MS.

Ia menegaskan, salah satu alasan Partai Demokrat bisa meraih banyak suara karena seluruh kebutuhan alat peraga bakal dipersiapkan dan ditanggung oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan bukan para kader di tingkat DPD dan DPC.

Baca Juga: Pemenang Pilkada Padang Pariaman Dilantik, Perkara di DKPP Dicabut

"DPD dan DPC Indonesia tinggal bekerja keras meyakinkan suara masyarakat Indonesia," jelasnya.

Menariknya, politikus asal Sumatera Barat ini mengklaim Moeldoko bakal menjadi Ketua Umum baru dalam Kongres Luar Biasa Partai Demokrat yang menggantikan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Suara yang diberikan, kata Darmizal MS, kemungkinan akan menjadi suara mayoritas kader.

Baca Juga: Tegas! DKPP Berhentikan 7 Anggota KPU yang Loloskan Calon Bupati Bermasalah

Sebelumnya, Kongres Luar Biasa di Bali tahun 2013 menjadi saksi terpilihnya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.

SBY terpilih secara musyawarah dan mufakat dalam sidang yang berlangsung di Inna Grand Bali Beach Hotel, Sanur, Bali, Sabtu 30 Maret 2013.

Ketika itu, seluruh DPD dan DPC Partai Demokrat menghendaki SBY sebagai pemimpin yang baru.***

Editor: M Susanto Edison


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x