Kongres Luar Biasa Partai Demokrat, SBY: Kami Berkabung

- 6 Maret 2021, 07:11 WIB
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan keterangan pers terkait KLB Partai Demokrat.
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan keterangan pers terkait KLB Partai Demokrat. /Antara/Asprilla Dwi Adha

INDOBALINEWS - Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat kubu kontra kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah memilih Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.

Pelaksanaan KLB hingga terpilihnya Moeldoko ini, direspons oleh Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui konferensi pers secara daring di Cikeas, Bogor, Jumat 5 Maret 2021 malam.

Ia menyebut, Partai Demokrat tengah berkabung karena pelaksanaan KLB ini. Bukan itu saja, SBY juga menyebut seluruh bangsa Indonesia berkabung karena akal sehat telah mati.

Baca Juga: Kongres Luar Biasa Partai Demokrat, Moeldoko: Ini Demokrasi!

"Hari ini kami berkabung. Partai Demokrat berkabung. Sebenarnya bangsa Indonesia juga berkabung. Berkabung karena akal sehat telah mati. Sementara keadilan supermasi hukum dan demokrasi sedang diuji," tegas SBY.

Ia berpandangan, KLB yang sedang berlangsung di Sumatera Utara itu tidak legal. Forum yang memutuskan Moeldoko sebagai Ketua Umum Partai Demokrat itu juga disebutnya abal-abal.

"KLB tersebut telah menobatkan KSP Moeldoko, seorang pejabat pemerintahan aktif berada di lingkar dalam lembaga kepresidenan, bukan kader Partai Demokrat, alias pihak eksternal partai, menjadi Ketum Partai Demokrat," kata SBY, yang juga Presiden RI ke-6 itu.

Baca Juga: Kongres Luar Biasa Partai Demokrat, Moeldoko Terpilih Jadi Ketua Umum

Moeldoko, imbuhnya, telah mendongkel dan merebut posisi Ketua Umum Partai Demokrat sah yang diduduki oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Padahal, menurut SBY, kepemimpinan AHY tersebut sudah disahkan satu tahun lalu oleh negara dan pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM.***

Editor: M Susanto Edison


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x