'Demokrasi Timur Berjaya': Jangan Lupakan Gagasan Membangun Bangsa yang Unggul

- 9 Desember 2021, 21:26 WIB
Diskusi Publik yang digelar Whats Viral tentang Demokrasi Timur Berjaya dalam tayangan Youtube  Rabu 8 Desember 2021.
Diskusi Publik yang digelar Whats Viral tentang Demokrasi Timur Berjaya dalam tayangan Youtube Rabu 8 Desember 2021. /Screenshot Youtube Whats Viral

 

INDOBALINEWS -  Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak dalam Diskusi Publik Demokrasi Timur Berjaya yang digelar oleh What's Viral, Rabu 8 Desember 2021 mengatakan bahwa jika kita bicara Demokrasi Timur itu bukan hanya berarti Indonesia tetapi juga lebih luas yaitu Demokrasi Asia.

"Eastern values dan western values seringkali dipertentangkan bahwa Barat kerapkali diidentikkan dengan liberal dan eastern identik dengan konservatif. Western identik dengan modernisasi yang meninggalkan akar-akar kultural dan Eastern dianggap melestarikan akar-akar kultural," ujar Emil Dardak dalam diskusi yang dipandu oleh jurnalis senior dan Dewan Redaksi Media Grup Abdul Kohar dan Hananinta Haznam, Jurnalis ini.

Baca Juga: Pemuda 22 Tahun Gantung Diri di Jembatan Tukad Bangkung

Emil melanjutkan juga bahwa semua hal terkait sopan santun pun dijunjung tinggi di negara tetangga Singapura sementara Barat dianggap lebih bebas. Jika kita melihat terminologi Timur bukan hanya sebagai Indonesia tetapi juga budaya Timur sebagai budaya Timur sebagai wilayah seluruh wilayah timur bukan hanya Indonesia saja.

"Sejumlahpakar mengatakan bukan demokrasinya yang salah tapi yang ditakutkan adalah pelaksanaan yang salah," imbuhnya.

Kalau kita bicara mengenai politik kita setelah terjadinya reformasi memang ada hal-hal yang dilakukan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari demokrasi itu sendiri. Ada aturan main yang ditempatkan untuk menjaga.

Baca Juga: Pencarian Hari Kelima Pascaerupsi Gunung Semeru, Tercatat Total 43 Korban Meninggal Dunia

Ada yang mengatakan bahwa absolute power tends to corrupt sehingga ada limit atau pembatasan masa jabatan. Tapi apakah pembatasan masa jabatan itu bisa menjamin pemerintah itu baik dan ini masih perdebatan. Atau apakah dulu cita-cita pendiri bangsa kita itu memang tentang membatasi masa jabatan dan itu juga masih diperdebatkan, jelas Emil lagi.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x