Perempuan Praktisi Falun Dafa Cari Suaka, Sudah 5 Tahun di Bali Akhirnya Pilih Pulang Sukarela ke Taiwan

- 30 April 2022, 21:04 WIB
LJ, perempuan RRT praktisi Falun Dafa saat boarding di Bandara Ngurah Bali.Ia sudah 5 tahun di Bali dalam rangka meminta suaka ke negara ketiga memilih pulang keTaiwan.
LJ, perempuan RRT praktisi Falun Dafa saat boarding di Bandara Ngurah Bali.Ia sudah 5 tahun di Bali dalam rangka meminta suaka ke negara ketiga memilih pulang keTaiwan. /Dok Kanwil Kemenkumham Bali

 

INDOBALINEWS - Setelah lebih dari 5 tahun di Indonesia untuk cari suaka tanpa kejelasan penempatan ke negara ketiga, LJ seorang wanita pengungsi mandiri WN asal Republik Rakyat Tiongkok (RRT) 31 tahun, memilih pulang secara sukarela ke Taiwan.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk menjelaskan awalnya dalam pengawasan keimigrasian rutin terhadap pengungsi dari luar negeri yang dilakukan Rudenim Denpasar telah menemukan LJ yang berdomisili di wilayah Tanjung Benoa, Kuta Selatan – Badung pada tahun 2019 dan baru pada tahun ini ia melaporkan diri bahwa ia ingin pulang secara sukarela ke Taiwan.

Sebelumnya LJ meninggalkan negara asalnya pada Oktober 2016 untuk mencari suaka di Indonesia karena merasa tidak aman di negara asalnya sebagai praktisi Falun Dafa (red: kelompok meditasi olah jiwa dan raga).

Baca Juga: Water Salute Sambut Kedatangan Pelita Air yang Terbang Perdana ke Bandara Ngurah Rai Bali

Dalam kurun waktu hampir 6 tahun tinggal di Bali ia menikah dengan seorang laki-laki WN Taiwan yang juga praktisi Falun Dafa yang ia kenal melalui Facebook.

Kemudian suaminya dapat mensponsori dirinya untuk pembuatan visa untuk ia masuk ke Taiwan dan kedepannya dapat menjadi permanent resident disana.

"Berbekal visa itulah ia menyatakan diri untuk melepaskan status kepengungsiannya di Indonesia dan mengambil keputusan ke Taiwan agar dapat bergabung dengan suaminya," ujar Jamaruli dalam pernyataan resminya Sabtu 30 April 2022.

Baca Juga: Macet Parah Sebelum Masuk Pelabuhan Gilimanuk, Ribuan Kendaraan Antre Menyeberang ke Jawa

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x