Oka Gunastawa Dorong Pembentukan 'Saksi Semesta' Cegah Kecurangan Pemilu

- 29 Oktober 2020, 21:40 WIB
Oka Gunastawa berkonsolidasi dengan tim pemenangan Paket Bagus Pilkada Bangli, Kamis 29 Oktober 2020
Oka Gunastawa berkonsolidasi dengan tim pemenangan Paket Bagus Pilkada Bangli, Kamis 29 Oktober 2020 /Dok yok

INDOBALINEWS - Pengurus DPP Partai Nasdem Ketua Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ida Bagus Oka Gunastawa kembali mendorong pembentukan 'Saksi Semesta' guna mencegah ataupun meminimalisir kecurangan yang terjadi saat proses Pemilu, baik Pilpres, Pilkada ataupun Pileg.

Baca Juga: Pendidikan Politik NasDem, Cerdaskan Wawasan Politik Masyarakat

Gerakan 'Saksi Semesta' yang juga disebut TPS Live ini melibatkan partisipasi aktif masyarakat untuk mencegah kecurangan dengan tiga langkah mudah yakni “Rekam! Upload! Share!”.

Baca Juga: Arya Wedakarna Polisikan Pemukulan di Depan Kantor DPD

"Gerakan “Saksi Semesta" merupakan gerakan moral untuk mengajak publik melakukan dokumentasi mulai dari proses pencoblosan hingga rekapitulasi penghitungan suara di TPS (Tempat Pemungutan Suara)," ujar Oka Gunastawa saat konsolidasi tim pemenangan paslon Paket Bagus di Bangli, Kamis 29 Oktober 2020, seperti yang dikutip oleh indobalinews.com. 

Ida Bagus Oka Gunastawa adalah salah satu motor penggerak mesin Partai Nasdem Bali yang berada di belakang keberhasilan Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri, S.Sos., M.AP naik ke kursi nomor satu di Karangasem.

Baca Juga: Sandiaga Uno Tak Kapok, Keluarkan 1 Triliun Untuk Modal Politik

Ditambahkan oleh Oka, ada beberapa tugas Saksi Semesta.  Diantaranya pada hari pencoblosan untuk memantau, melakukan dokumentasi, publikasi melalui langkah ambil foto atau video, upload dan share aktivitas di TPS di media sosial sosial masing-masing.

Selain itu,  tugas tambahan Saksi Semesta yakni bagaimana meyakinkan kehadiran masyarakat di TPS di tengah Pademi Covid19 karena sudah diterapkan protokol kesehatan yang ketat di TPS.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x