Bisakah Minum Alkohol Setelah Mendapatkan Vaksin COVID-19? Simak Kata Dokter

- 7 April 2021, 18:40 WIB
ilustrasi vaksin.
ilustrasi vaksin. /pexels

INDOBALINEWS - Anda mungkin memiliki banyak pertanyaan tentang apa yang harus dan tidak boleh Anda lakukan sebelum dan sesudah vaksinasi, seperti sesudah vaksin Anda merayakannya dengan beberapa minuman beralkohol.

The Centers for Disease Control (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit telah merilis pedoman untuk orang-orang yang telah baru divaksinasi, tapi sementara mereka sarankan menghindari OTC meds sakit (seperti ibuprofen dan Tylenol) sebelum vaksin.

Dan juga berbicara dengan dokter Anda tentang mengambil obat-obatan untuk menghilangkan rasa tidak nyaman setelah vaksinasi, namun tidak disebutkan alkohol.

Di Inggris, para ahli baru-baru ini menyarankan orang untuk menghindari minum alkohol pada hari-hari menjelang dan setelah menerima vaksin COVID-19.

Baca Juga: Lidah Buaya Bisa Bikin Buah Potong Lebih Awet Hingga 9 Hari, Ini Hasil Penelitiannya

Baca Juga: Terapung di Laut Semalaman, Putu Berhasil Ditemukan Selamat

"Anda perlu memiliki sistem kekebalan tubuh yang bekerja maksimal untuk mendapatkan respons yang baik terhadap vaksin, jadi jika Anda minum pada malam sebelumnya, atau segera setelah itu, itu tidak akan membantu," ucap Sheena Cruickshank, PhD, seorang ahli imunologi di University of Manchester, dikutip dari health.com pada 7 April 2021.

Namun, meski tidak ada bukti bahwa meminum alkohol memengaruhi kemanjuran vaksin COVID-19 atau menyebabkan efek kesehatan yang tidak diinginkan, para dokter menyarankan agar tidak minum alkohol segera setelah menerima suntikan.

"Efek samping vaksin termasuk nyeri otot dan nyeri serta perasaan di bawah cuaca. Ditambah dengan efek samping alkohol yang berisiko membuat Anda merasa lebih buruk," kata Tania Elliott , MD, instruktur klinis kedokteran di NYU Langone Health.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: health.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x