Potensi Wisata Kesehatan di Indonesia Tak Kalah dengan Negara Lain

- 14 Agustus 2021, 19:35 WIB
Ilustrasi rumah sakit. Kemenkes menunjuk 3 rumah sakit di DKI Jakarta khusus tangani pasien Covid-19, berikut daftar lengkapnya.
Ilustrasi rumah sakit. Kemenkes menunjuk 3 rumah sakit di DKI Jakarta khusus tangani pasien Covid-19, berikut daftar lengkapnya. /Freepik/Free Vector

 

INDOBALINEWS -Layanan kesehatan terutama yang berkaitan dengan wisata kesehatan di Indonesia tidak kalah dengan negara lain.

Hal itu dikatakan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga  Uno, menjalani general medical check up di Rumah Sakit Siloam Lippo Village, Tangerang, Banten Sabtu 14 Agustus 2021.

Dikatakannya, pihaknya akan mempromosikan potensi wisata kesehatan yang dimiliki Indonesia ke wisatawan nusantara (wisnus)dan wisatawan mancanegara (wisman).

Baca Juga: Ada Peningkatan Kasus: Pasien Isoman Dijemput untuk Jalani Isoter di Gianyar untuk Tekan Kluster Keluarga

"Ini adalah peluang emas, wisata kesehatan dengan total pembelanjaan layanan kesehatan orang Indonesia di luar negeri yang hampir Rp100 triliun ini dapat diambil potensinya oleh industri kesehatan dalam negeri," kata Sandiaga Uno.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk mengembangkan potensi wisata kesehatan di Indonesia,  saat ini Kemenparekraf/Baparekraf dengan Kementerian Kesehatan telah menandatangani Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dalam rangka pengembangan Wisata Kesehatan pada tahun 2017 yang diperbarui pada akhir tahun 2020.

Baca Juga: Merdeka Ekspor Kementan: Sarang Walet, Lipan, Bubuk Jangrik Hingga Gigi Babi Diminati Pasar Luar Negeri

"Seiring dengan penandatangan tersebut, pada akhir tahun 2019, Kemenkes telah meluncurkan katalog wisata kesehatan berisi 15 rumah sakit unggulan yang ditetapkan sebagai proyek percontohan medical tourism yang tersebar di tiga lokasi. Yakni Sumatra Utara, DKI Jakarta, dan Bali," ujar Sandiaga.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x