Ancaman Pembekuan Darah: Infeksi Covid-19 Hadirkan Risiko Lebih Tinggi daripada Vaksin

- 28 Agustus 2021, 05:47 WIB
Infeksi Covid-19 menghadirkan risiko yang jauh lebih tinggi untuk mengembangkan gumpalan darah daripada dosis pertama Oxford/AstraZeneca atau tusukan Pfizer/BioNTech.
Infeksi Covid-19 menghadirkan risiko yang jauh lebih tinggi untuk mengembangkan gumpalan darah daripada dosis pertama Oxford/AstraZeneca atau tusukan Pfizer/BioNTech. /PIXABAY/Gerd Altmann

INDOBALINEWS - Infeksi Covid-19 menghadirkan risiko yang jauh lebih tinggi untuk mengembangkan gumpalan darah daripada dosis pertama Oxford/AstraZeneca atau tusukan Pfizer/BioNTech.

Demikian hasil sebuah penelitian besar yang dipimpin peneliti Universitas Oxford, dikutip dari Hindustan Times pada Sabtu 28 Agustus 2021.

Penelitian ini menggunakan temuan lebih dari 29 juta orang yang divaksinasi dengan dosis pertama dari kedua vaksin antara Desember 2020 dan April 2021.

Baca Juga: Covid 19 Dapat Merusak Paru Paru Secara Perlahan: Simak Informasinya

Temuan menunjukkan meskipun ada peningkatan risiko pembekuan darah setelah dosis pertama dari kedua vaksin, itu jauh lebih besar pada seseorang yang dites positif Covid-19 yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2.

“Orang-orang harus menyadari peningkatan risiko ini setelah vaksinasi Covid-19 dan segera mencari bantuan medis jika mereka mengalami gejala, tetapi juga menyadari bahwa risikonya jauh lebih tinggi dan dalam jangka waktu yang lebih lama jika mereka terinfeksi SARS-CoV-2,” kata Julia Hippisley-Cox, Profesor Epidemiologi Klinis dan Praktik Umum di Universitas Oxford.

Studi ini mencakup trombositopenia – suatu kondisi dengan jumlah trombosit yang rendah – dan kejadian tromboemboli (penggumpalan darah) setelah vaksinasi untuk Covid-19, beberapa kejadian yang sama yang menyebabkan penggunaan vaksin AstraZeneca dibatasi di sejumlah negara.

Artikel British Medical Journal (BMJ) menyebut para peneliti merinci temuan dari lebih dari 29 juta orang yang divaksinasi dengan dosis pertama vaksin Oxford/AstraZeneca atau Pfizer/BioNTech.

Baca Juga: Percepat Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi, Presiden Jokowi Panggil Petinggi Partai Koalisi

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Hindustan Times


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x