Pasangan Suami Istri Memilih Tanpa Anak, Ini Risiko Kesehatan bagi Perempuan

- 6 September 2021, 05:25 WIB
Kini semakin banyak suami-istri yang memutuskan tidak memiliki anak (childfree) yang dapat berisiko terhadap kesehatan dan biologis perempuan.
Kini semakin banyak suami-istri yang memutuskan tidak memiliki anak (childfree) yang dapat berisiko terhadap kesehatan dan biologis perempuan. /Pixabay @Olessya

INDOBALINEWS – Kini semakin banyak pasangan yang memutuskan menikah resmi dan memilih untuk tidak memiliki anak atau childfree.

Pilihan tersebut berdasarkan alsan masing-masing mulai dari alasan kesehatan, kenyamanan, dan terkadang menjadi rahasia pasangan tersebut.

Namun, keputusan tersebut bukan tanpa risiko, karena berdasarkan sejumlah pendapat ahli menikah dan memilih tidak memiliki keturunan berdampak terhadap kesehatan.

Baca Juga: Masker untuk Kulit Kusam dan Mati, Memanfaatkan Bahan Alami agar Wajah Kinclong

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo mengatakan konsekuensi pasanga tanpa anak di antaranya berisiko biologis bagi pasangan perempuan.

"Seberapa kita mau memenuhi hak kita, tetap perlu diimbangi dengan seberapa dalam kita mempertimbangkan dan memutuskan hak tersebut dengan sudah tahu konsekuensi dan plus-minusnya," kata Hasto, dikutip Indobalinews dari Antara pada Senin, 6 September 2021.

"Jangan hanya karena kita bebas menentukan, tapi tidak mengetahui risikonya. Banyaklah membaca, karena lebih baik tahu duluan sebelum mengambil keputusan," ujarnya menambahkan.

Kata dia kebanyakan perempuan pengidap tumor dan kanker rahim adalah mereka yang tidak memiliki anak atau yang memiliki hanya satu orang anak.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 5 September 2021: Prediksi Kesehatan, Suasana Hati, dan Aktivitas Lain 

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x