Kesehatan Mental: Olah Raga Dapat Mengatasi Gangguan Kecemasan

- 28 Januari 2022, 19:21 WIB
 Olah raga bukan hanya meningkatkan kesehatan fisik tetapi juga dapat membantu memperbaiki gejala masalah kesehatan mental, seperti kecemasan.
Olah raga bukan hanya meningkatkan kesehatan fisik tetapi juga dapat membantu memperbaiki gejala masalah kesehatan mental, seperti kecemasan. /Kemenpora/

INDOBALINEWS - Olah raga bukan hanya meningkatkan kesehatan fisik tetapi juga dapat membantu memperbaiki gejala masalah kesehatan mental, seperti kecemasan.

Studi baru ini diterbitkan Journal of Affective Disorders berdasarkan penelitian terhadap 286 pasien dengan gangguan kecemasan.

Menurut para ahli kecemasan sebagian besar bersifat internal dan tergantung pada bagaimana setiap pribadi bereaksi terhadap stres.

Baca Juga: Pasacabentrok dan Baku Tembak di Indonesia Timur, Mahduf MD: Kondisi Sudah Aman

Psikolog klinis dan pendiri Talk to Me Narendra Kinger mengatakan seringkali setelah penghentian atau penghilangan stresor, beberapa individu mungkin masih merasa kewalahan dan/atau tertekan.

Dia menyebut kesulitan seperti itu dinamakan kecemasan yang merupakan reaksi berlebihan atau respons terhadap situasi tertentu.

“Jika kekhawatiran dan kesusahan yang Anda rasakan dalam situasi tertentu tidak biasa, berlebihan, atau berlangsung lebih lama daripada kebanyakan orang lain, itu mungkin kecemasan," ujarnya, dikutip dari Indian Express, Jumat 28 Januari 2022.

Penelitian yang menyertakan pasien dengan usia 39 tahun dengan 70 persen di antaranya adalah perempuan. Para peserta penelitian dibagi menjadi dua kelompok. Mereka diminta berolah raga selama 12 minggu.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem di NTT, ASDP Kupang Hentikan Sementara Pelayaran Feri

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Indian Express


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x