Semoga Kasus Tegar Sinar Ramadhan Tak Terulang: Ini Langkah Pertama Pencegahan Bunuh Diri

- 10 Oktober 2022, 17:30 WIB
Ilustrasi kasus bunuh diri yang ditangani kepolisian.
Ilustrasi kasus bunuh diri yang ditangani kepolisian. //Pixabay.com/ValynPi14

INDOBALINEWS - Peristiwa bunuh diri mahasiswa UGM, Tegar Sinar Ramadhan beberapa hari belakangan tengah jadi trending topik dan viral di medsos.

Disinyalir pemuda yang belum genap 18 tahun usianya ini nekat lompat dari hotel lantai 11 ini karena depresi. 

Tentu semua miris mengetahuinya, sebab tak semua sadar apakah anak, saudara, teman atau seseorang yang kita kenal lainnya punya kecenderungan untuk nekat bunuh diri.

Baca Juga: Cuaca Ekstrim Akibatkan Banjir dan Tanah Longsor di Bali, Ini Rincian Selama 3 Hari

Jika kita menempatkan diri, berempati dengan orang-orang terdekat Tegar temasuk keluarga intinya, tentu ingin waktu diulang agar bisa mencegah kejadian tersebut.

Tapi setidaknya semua orang lagi lagi bisa mengambil hikmah dan pelajaran berharga atas kasus ini terutama berupaya untuk mencegah kejadian serupa.

Seperti yang dikatakan oleh Psikolog Klinis lulusan Universitas Gadjah Mada Zahrah Nabila Putri,  mengasah kepekaan dan kepedulian dengan sesama di sekitar menjadi upaya pertama dan penting dalam pencegahan bunuh diri.

Baca Juga: Liga 1: Bali United Tetap Gelar Latihan Meski Belum Ada Kepastian Kelanjutan Kompetisi

"Dukungan dari teman sekelas, keluarga, kampus, itu penting, bisa dilakukan sebagai upaya reach out pertama (pencegahan bunuh diri)," kata Zahrah Senin 10 Oktober 2022 seperti dilansir dari Antara.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x