Studi Rapid INA Gandeng Pemangku Kebijakan Diskusikan Penggunaan Rapid Test Antigen Covid 19

- 26 November 2022, 19:18 WIB
Para peneliti dalam Stakeholder Meeting Studi RAPID INA yang digelar 25 hingga 26 November 2022 di Mercure Hotel Sanur Denpasar Bali, bekerjasama FK KMK UGM dan UNSW.
Para peneliti dalam Stakeholder Meeting Studi RAPID INA yang digelar 25 hingga 26 November 2022 di Mercure Hotel Sanur Denpasar Bali, bekerjasama FK KMK UGM dan UNSW. /Shira Indobalinews


INDOBALINEWS - Pusat Kedokteran Tropis, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerja sama dengan the Kirby Institute, University of New South Wales (UNSW) menyelenggarakan Stakeholder Meeting Studi RAPID-INA di Denpasar Bali.

Pertemuan yang digelar selama dua hari pada tanggal 25-26 November 2022 di Mercure Hotel Sanur Denpasar ini merupakan wadah untuk menyampaikan hasil awal penelitian kepada pemangku kebijakan

Selain itu untuk mengajak pemangku kepentingan berdiskusi terkait upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mendukung penggunaan Rapid Diagnostic Test (RDT) Antigen COVID-19 (atau yang sering disebut rapid test antigen).

Baca Juga: Live Streaming Polandia vs Arab Saudi di Piala Dunia 2022 Qatar, Cek Link Nonton Gratis di Sini

Studi dengan tema “Accelerating Uptake of COVID-19 Ag RDTs in the Indo Pacific (Accelerator)” yang bertujuan untuk mendorong perluasan RDT Antigen Covid-19 di fasilitas kesehatan dan memperkuat tingkat kerjasama antara pemerintah dan swasta penyelenggara tes di Indonesia.

Prof. dr. Tri Wibawa, Ph.D., Sp.MK (K) Ketua Peneliti studi RAPID-INA menyampaikan bahwa penelitian ini bertujuan untuk memotret implementasi dari penggunaan rapid test antigen, termasuk mengetahui tantangan dan faktor pendukung.

"Serta untuk mengidentifikasi strategi yang dapat mengoptimalkan penggunaannya dalam sistem kesehatan Indonesia,"ujar Prof Tri usai acara yang digelar Sabtu 26 November 2022.

Baca Juga: Persija Jakarta Kirim Panpel Macan Kemayoran Ikut Sosialisasi Peraturan Pengamanan Kompetisi BRI Liga 1

Lebih lanjut ia juga menyampaikan bahwa studi ini berlangsung di Kota Yogyakarta dan Denpasar sejak Februari 2022.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x