Konsep One Health: Menjaga Hubungan Kesehatan Manusia, Binatang dan Lingkungan Berdampingan dengan Baik

- 1 Desember 2022, 23:59 WIB
Prof Tjandra Yoga Aditama, Guru Besar FKUI nara sumber Media Workshop Nasional dengan tema “Menerapkan pendekatan One Health/Satu Kesehatan dalam Reportase Isu Kesehatan dan Pembangunan, secara virtual, Kamis 1 Desember 2022.
Prof Tjandra Yoga Aditama, Guru Besar FKUI nara sumber Media Workshop Nasional dengan tema “Menerapkan pendekatan One Health/Satu Kesehatan dalam Reportase Isu Kesehatan dan Pembangunan, secara virtual, Kamis 1 Desember 2022. /Shira Screenshot Zoom

 

INDOBALINEWS - Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonedia Prof Tjandra Yoga Aditama mengatakan kesehatan manusia bersambungan dengan kesehatan binatang dan lingkungan.

Dikatakannya lagi kesehatan manusia dan binatang harusnya bersambungan karena 75 hingga 80 persen penyakit yang baru muncul itu berhubungan dengan binatang. 

"Hubungan manusia dan binatang semakin hari bisa dibilang semakin dekatnya sehinga meminculkan potensi penularan dari binatang kepada manusia," uhar Prof Tjandra dalam Media Workshop Nasional dengan tema “Menerapkan pendekatan One Health/Satu Kesehatan dalam Reportase Isu Kesehatan dan Pembangunan, secara virtual, Kamis 1 Desember 2022.

Baca Juga: Bima Arya: APCAT Semakin Jadi Mitra Strategis bagi Kemenkes

Lebih lanjut dikatakannya namun begitu kita mampu mengendalikan hal-hal ini dengan cara-cara yang baik agar dampak penyakit yang diakibatkan karena hal itu tak merugikan manusia.

"Konsep pendekatan One Health adalah menghubungkan antara kesehatan dengan kesehatan binatang dan kesehatan lingkungan.  Karena ketiganya saling berhubungan satu sama lain," imbuhnya.

Baca Juga: Dari Ajang The 1st APCAT TFYLF di Bali: Peran Pemuda Lindungi Anak Indonesia dari Bahaya Rokok

Seperti yang digaungkan okeh World Health Organization (WHO) dan organisasi-organisasi PBB lainnya  bahwa Kesehatan manusia berkaitan erat dengan kesehatan hewan karena hidup berdampingan dalam satu lingkungan.

Sementara itu nara sumber lainnya mengangkat persoalan Tuberculosis di Indonesia.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x