Vaksinasi Covid-19 Massal Harus Hati-hati, Brazil Hentikan Uji Klinis Tahap Ketiga Vaksin CoronaVac

- 13 November 2020, 07:20 WIB
Vaksin Covid-19 asal Tiongkok, produksi Sinovac, dalam uji klinis tahap III di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat.
Vaksin Covid-19 asal Tiongkok, produksi Sinovac, dalam uji klinis tahap III di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat. //ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

INDOBALINEWS - Upaya pemerintah RI untuk melindungi warganya dari virus corona adalah dengan rencana sesegera mungkin memberikan vaksinasi Covid-19 massal pada Desember 2020 ini.

Beberapa alternatif sumber vaksin sedang dijajaki, dan ada juga yang sudah mendapat kepastian akan jatah vaksin.

Sementara itu, vaksin merah putih yang sedang dikembangkan juga belum selesai dan itu diharapkan akan menjadi vaksin yang paling cocok untuk rakyat Indonesia.

Sebelum dilakukan vaksinasi massal , setiap negara melakukan uji klinis untuk melihat keamanan, imunogenitas dan efektivitas vaksin.

Baca Juga: Texas Tembus Satu Juta Kasus Covid-19, Pertama di Amerika

Baca Juga: Henry Yosodiningrat Datangi Polda, Minta Laporannya Atas Rizieq Ditindaklanjuti

Informasi uji klinis di Brazil, dikabarkan telah menghentikan uji klinis tahap ketiga vaksin CoronaVac hasil kerja sama dengan Sinovac Biotech. 

Sedangkan Sinovac Biotech itu adalah perusahaan yang sama yang akan bekerja sama dengan Indonesia.

Sejalan dengan itu, pemerintah juga diminta untuk mengikuti perkembangan pengadaan vaksin Covid-19 di negara lain, seperti yang dilansir indobalinews dari RRI.

Halaman:

Editor: Rudolf

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x