Candi Borobudur Berkali kali Menjadi Magnet Wisata Dunia

- 26 November 2020, 08:21 WIB
Candi Borobudur yang melegenda di Tanah Air Indonesia,
Candi Borobudur yang melegenda di Tanah Air Indonesia, /Hella Nissan, Pixabay

INDOBALINEWS - Candi Borobudur dari dinasti Syailendra merupakan peninggalan sejarah terbesar Budha di dunia dan tetap menjadi magnet bagi wisata kelas dunia.

Peninggalan ini ditemukan oleh pasukan  Inggris pada tahun 1814 yang dipimpin oleh  Sir Thomas Standford Raffles dan area Candi berhasil dibersihkan seluruhnya pada tahun 1835  

Upaya memperkenalkan Borobudur ke publik dunia telah dilakukan sejak negara baru saja merdeka dan pertumbuhan ekonomi nasional masih membutuhkan penataan. 

Baca Juga: Kasus Covid-19 Terbaru di Singapura Diumumkan, Semuanya Dari Pendatang

Eksistensi Borobudur ketika itu telah dibangga-banggakan oleh Presiden pertama RI  Soekarno. Presiden bahkan selalu mengajak setiap tamu negara berkunjung ke Candi Borobudur. 

Salah satu tamu negara yang tercatat pernah datang ke Indonesia dan berkesempatan mengunjungi Borobudur adalah tokoh revolusioner yang sangat ikonik, Ernesto Che Guevara, pada  Tahun 1959. 

Sang legenda kelahiran Argentina itu mengunjungi Indonesia antara Juli sampai Agustus 1959 seperti yang dikutip indobalinews.com dari indonesia.go.id

Baca Juga: Kapolri di Depan 34 Kapolda se-Indonesia : Netralitas Harga Mati di Pilkada 2020

Sebuah badan dunia yang bergerak di bidang pendidikan, pengetahuan dan budaya UNESCO, juga turut memperkenalkan kepada dunia akan keindahan dan kebesaran situs candi ini. Dan Unesco tak berhenti pada publikasi dan bantuan pendanaan saja. 

Halaman:

Editor: Rudolf

Sumber: indonesia.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x